Bontang

Penyedia Jasa Wisata Siap Sambut Wisatawan 

BONTANG – Momentum libur Lebaran selain dimanfaatkan banyak masyarakat untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga maupun kerabat, biasanya juga dimanfaatkan untuk berwisata. Tak heran, jika selama momen liburan Idulfitri, beberapa destinasi wisata di Kota Taman mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Bahkan, penyedia jasa wisata pun ikut kewalahan akibat membeludaknya pengunjung yang datang.

Di Bontang, di antara beberapa aternatif wisata yang ada, setidaknya Beras Basah dan Sungai Belanda masih menjadi favorit kebanyakan masyarakat. Bahkan selain dikunjungi oleh warga lokal, juga tak sedikit pengunjung yang datang dari luar daerah. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan, penyedia layanan jasa wisata pun mengaku sudah menyiapkan beberapa strategi.

Zulkarnain, Ketua Karang Taruna Bontang Kuala yang juga sebagai pengelola Bontang Kuala Ecotourism mengatakan, di momentum liburan ini pihaknya menyediakan jasa untuk ke sungai belanda dan pulau segajah. Selain itu, juga ada paket menyelam di dua spot laut.

“Kami sudah menyiapkan empat unit kapal khusus pengunjung yang ingin ke sungai belanda,” ujarnya kepada Bontang Post belum lama ini.

Selain menyiapkan empat unit kapal, pihaknya juga telah mengajak kerja sama pemilik kapal di Bontang Kuala agar bisa mengangkut wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Segajah. Demi keselamatan para pengunjung, pihaknya pun juga sudah mengistruksikan dan mengimbau kepada pemilik-pemilik kapal untuk menyiapkan life jacket  saat mengangkut penumpang.

“Sebelum Lebaran ini kami juga telah memperbaiki jembatan-jembatan kayu yang patah demi kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Bontang Kuala,” sebutnya.

Senada dengan Zulkarnain, Billhogen selaku Dewan Pembina Asosiasi Penyedia Jasa Transportasi Wisata Laut (APJTWL) juga mengaku, pihaknya telah menyiapkan sejumlah armada untuk dipakai di momentum liburan Lebaran mendatang.

“Pesiapan kami sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami menyiapkan kurang lebih 59 kapal untuk mengangkut pulang pergi (PP) penumpang yang akan berkunjung ke Beras Basah. Biasanya, nakhoda bisa sampai empat kali bolak-balik dalam sehari karena jumlah peumpang yang melonjak drastis,” sebutnya. (bbg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button