oleh

Masyarakat Banyak Belum Tahu Kandidat Cagub

DEMI mencapai target partisipasi dalam Pilgub Kaltim 2018, KPU gencar melakukan sosialisasi ke berbagai elemen. Mulai dari kalangan pemilih pemula, paguyuban, komunitas-komunitas, tokoh masyarakat, pemuka agama, kelompok marginal, ibu rumah tangga, hingga ke daerah pesisir. Tak ketinggalan, penyandang disabilitas juga ikut diberikan sosialisasi.

Namun diakui, masih ada warga Bontang yang belum tahu mengenai pilgub, malahan belum tahu siapa saja kandidat yang bisa dipilih kelak. Di antaranya masyarakat pesisir dan juga kaum ibu rumah tangga.

“Kami sudah sosialisasi ke daerah-daerah tersebut (pesisir, Red.). Mengenalkan masing-masing paslon beserta visi dan misinya. Tanggapan masyarakat sejauh ini positif,” terang dia.

Perempuan yang membidangi divisi SDM dan partisipasi masyarakat ini menyatakan, rata-rata tingkat partisipasi masyarakat di kawasan-kawasan pesisir mencapai 100 persen dalam pilkada terakhir, yaitu Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Bontang 2015 silam. Artinya, semua warga menggunakan hak pilihnya.

“Antusias masyarakat terbilang tinggi. Mungkin karena hubungan yang erat di antara warga yang ada di sana. Sehingga mereka kompak untuk bersama-sama menggunakan hak suaranya,” sebut Iffa.

Dari serangkaian sosialisasi di daerah pesisir tersebut, Iffa meyakini pemungutan suara di sana akan berlangsung dengan aman dan lancar. Kerawanan, menurut dia, ada pada distribusi logistik pilgub nantinya karena mesti dibawa dengan perahu melintasi perairan.

Harapannya dari sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan, masyarakat Bontang menjadi pemilih yang aktif dan cerdas. Yaitu turut serta mengawasi jalannya proses Pilgub Kaltim 2018. “Paham terhadap apa saja yang menjadi pelanggaran dan mengerti ke mana harus melaporkan,” pesannya.

Potensi golput lainnya yang menjadi perhatian KPU yaitu berasal dari golongan mahasiswa Bontang yang menuntut ilmu di luar Kaltim. Pasalnya apabila pada hari pemungutan suara 27 Juni mendatang tidak berada di Bontang, maka dipastikan bakal menyumbang angka golput.

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares