oleh

PDI Perjuangan Bidik Target Besar di 2019  Yakin Raih 20 Persen Kursi

SAMARINDA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kaltim menargetkan perolehan kursi di setiap DPRD tingkat satu dan dua sebanyak 20 persen. Target dipatok supaya partai berlambang banteng itu dapat mengajukan sendiri calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di provinsi, kabupaten, dan kota di Bumi Etam.

Hal itu disampaikan Bendahara DPD PDI Perjuangan Kaltim, Muhammad Samsun, belum lama ini. Dia berpendapat, target tersebut tidak mustahil direalisasikan partai yang diketuai Safaruddin tersebut. Pasalnya, calon legislatif (caleg) yang  diusung PDI Perjuangan memiliki pengaruh di setiap daerah pemilihan.

Selain itu, menurutnya PDI Perjuangan telah memiliki pengalaman yang memadai untuk bertarung dalam pemilu. Terlebih, di tingkat pusat, partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut tercatat sebagai partai pemerintah.

“Kemudian di daerah, kami memiliki basis massa yang tidak kecil. Di DPRD Kaltim saja, kami sudah menempatkan 10 orang kader. Di tahun 2019, insyaallah akan jauh lebih banyak lagi,” ucapnya.

Selain telah melakukan kalkulasi secara detail, PDI Perjuangan juga mulai mengatur strategi untuk mendapatkan kursi 20 persen di provinsi dan 10 kabupaten/kota di Kaltim. Ketika disinggung strategi seperti apa yang akan diterapkan, dia berkilah belum dapat menyampaikannya pada publik.

“Itu masih rahasia internal kami. Tetapi yang pasti kami upayakan bisa terus dekat di masyarakat. Karena selama ini, PDI Perjuangan sangat dekat dengan masyarakat kecil. Sehingga pendukung kami sangat loyal terhadap partai,” sebutnya.

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua DPRD Kaltim itu menuturkan, PDI Perjuangan sudah menyiapkan caleg yang memiliki kemampuan dan pengalaman mumpuni untuk menjadi wakil rakyat.

Karenanya, demi menghasilkan caleg yang berkualitas, PDI Perjuangan melakukan tes secara online. “Untuk penjaringan caleg, saat ini sedang dilakukan tahapan psikotes secara online. Semua tahapan dilakukan secara online. Pendaftaran dan pembayaran juga secara online,” ungkap Samsun.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share