Bontang

785 Orang Bersandar di Pelabuhan Loktuan

BONTANG – Prediksi Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang terkait arus balik Lebaran di tahun ini melalui transportasi laut ternyata meleset. Dari jumlah 2.000 penumpang yang diperkirakan tiba di pelabuhan Loktuan di kloter pertama,Kamis (21/6) kemarin hanya terealisasi 758 orang.

Bahkan kedatangan kapal pun tidak sesuai dengan surat pemberitahuan yang diterima oleh Dishub Bontang. Bukan KM Pantokator yang membawa penumpang dari Pare-Pare menuju Bontang namun KM Cattleya Ekspress. “Ini sebenarnya masih satu perusahaan dengan KM Pantokator,” kata Kepala Dishub Sukardi, saat ditemui di dermaga Pelabuhan Loktuan.

Perubahan kapal ini sejatinya tak dipermasalahkannya. Pasalnya, regulasi hanya melarang jika memberangkatkan penumpang di atas kapasitas kapal saja. Sebagai informasi kapasitas dari kapal ini mampu menampung 1.500 penumpang.

Sukardi mengaku belum tahu penyebab pergantian kapal. Namun ia mendapat informasi mengingat animo penumpang yang ingin ke Kalimantan Timur cukup besar maka terdapat dua rute pada hari itu juga. “Terbagi dengan KM Queen Soya yang menuju Samarinda pada hari yang sama. Menurut informasi jumlah penumpang mencapai 1.500 orang,” ujar Sukardi.

KM Cattleya Ekspress ini membutuhkan waktu 21,5 jam untuk tiba di Pelabuhan Loktuan dari Pare-Pare. Satu hari sebelumnya kapal tersebut berangkat pada sekitar pukul 15.00 Wita. Kemudian sandar di Bontang pukul 12.30 Wita.

Bukan hanya penumpang saja, kapal tersebut juga membawa kendaraan. Total sebanyak 11 kendaraan termasuk roda dua juga ikut terangkut. Pihak petugas kapal menempatkan kendaraan tersebut di bagian belakang sisi sebelah kanan kapal. Tepatnya di sekitar akses keluar penumpang.

Terpisah, salah satu penumpang bernama Andi menuturkan selama perjalanan ombak laut sangatlah besar. Dirinya mengaku, sensasi ombak besar tersebut bahkan masih terasa di sekujur tubuhnya meskipun sudah tiba di daratan. “Ini kepala saya masih goyang, ombaknya besar sekali,” kata Andi.

Penumpang yang sudah turun dari dek kapal langsung diarahkan oleh petugas dari pintu samping pelabuhan. Seluruh penumpang tertib dan tidak tampak antrean panjang di gerbang tersebut. (ak)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button