Bontang

Logistik Pilgub Didistribusikan

BONTANG – Sebanyak dua ratusan logistik berupa kotak suara yang sudah terisi surat suara didistribusikan ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).  Dari 275 TPS, sebanyak 4 TPS berada di wilayah kepulauan Bontang dan diantar menggunakan kapal milik Polair Bontang.

Suardi, Ketua KPU Bontang mengatakan, untuk distribusi logistik ke seluruh TPS disiapkan 2 truk. Nantinya logistik dibagi 5, sehingga truk akan jalan hingga 5 kali. “Pergeseran logistik dari gudang logistik ke TPS ini mulai dari kotak suara hingga bilik suara dan logistik pelengkap lainnya,” jelas Suardi di KPU Bontang, Selasa (26/6) kemarin.

Setelah semua logistik di wilayah daratan Bontang selesai terdistribusi. Maka pendistribusian akan dilanjutkan di wilayah lautan Kota Bontang. Mulai dari Pulau Tihi-Tihi, Pulau Malahing, Pulau Gusung, dan Pulau Selangan.

Dijelaskan Suardi, terdapat TPS dengan data pemilih disabilitas. Bagi yang tunanetra terdapat surat suara khusus berupa template. Sementara bagi yang menggunakan kursi roda bisa dibantu mendorong kan kursi rodanya. “Tetapi pada saat masuk bilik suara mereka memilih sendiri,” ungkapnya.

Kata dia, kotak suara akan kembali ke PPK sehari setelah hari pencoblosan yakni 28 Juni mendatang. Namun demikian, perhitungan suara secara cepat atau quick count akan dilaksanakan setelah pemungutan suara selesai.

“Kami harus memastikan bahwa kotak suara harus sudah kembali ke PPK, rekapitulasi bisa dilakukan pindai dan entri data C1,” ujarnya.

Sehingga saat rekapitulasi bisa dilihat oleh semua orang yang mengakses internet. Hal itu sebagai bukti bahwa KPU Bontang transparan terhadap proses rekapitulasi. Data yang di-update juga merupakan data real dari TPS.

“Kami berharap Pilgub Kaltim Tahun 2018 dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” tukasnya. (mga)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button