Bontang

55 Temuan Saat Pencoblosan Panwaslu

BONTANG – Sebanyak 55 temuan ditemukan oleh Panwaslu Bontang saat hari pemungutan suara Pilgub Kaltim, Rabu (27/6) lalu. Semua temuan tersebut diselesaikan dalam bentuk laporan panwaslu untuk kemudian dilaporkan secara berjenjang.

Ketua Panwaslu Bontang Agus Susanto mengatakan, laporan dari para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) terdapat sebanyak 55 laporan masuk. Rata-rata laporan tersebut terkait kunjungan para KPPS kepada pemilih disabilitas untuk memberikan hak pilihnya. “Memang dalam regulasinya jika ada pemilih yang tak bisa hadir ke TPS karena disabilitas atau sakit bisa dikunjungi oleh petugas KPPS yang didampingi saksi, Linmas juga PTPS,” jelas Agus, Kamis (28/6) kemarin.

Dirincikan sebanyak 55 temuan di TPS yang masuk berasal dari berbagai TPS di beberapa kelurahan. Mulai dari Kelurahan Api-Api, Kelurahan Bontang Baru, Kelurahan Guntung, Kelurahan Loktuan, Kelurahan Gunung Elai, kelurahan Tanjung Laut Indah, Kelurahan Tanjung Laut, Kelurahan Berbas Pantai, Kelurahan Berebas Tengah, Kelurahan Satimpo, Kelurahan Bontang Lestari, Kelurahan Kanaan, Kelurahan Telihan, dan Kelurahan Belimbing. “Dari beberapa kejadian khusus yang kami dapati, memang paling banyak pemilih yang dikunjungi karena alasan sakit. Tetapi dengan catatan yang didatangi adalah pemilih yang benar-benar tidak bisa berjalan ke TPS,” ungkapnya.

Sementara itu, ada temuan juga di beberapa TPS, bahwa pemilih tidak membubuhkan tanda tangannya di formulir C7. Atas temuan tersebut, Agus mengatakan C7 ini untuk kehadiran pemilih, tujuannya untuk mencocokkan jumlah suara dengan kehadiran. “Nah, ketika ada pemilih yang tidak mengisi C7, PTPS kami langsung menegurnya dan membuat berita acara keteledoran KPPS,” ujarnya.

Karena untuk mencocokkan jumlah suara sah, bisa dari formulir dan catatan para PTPS serta saksi. Namun demikian, lanjut Agus, semua temuan tersebut sudah diselesaikan langsung di TPS. Sehingga semua temuan itu direkap dalam bentuk laporan.

Ditambahkan Panwascam Bontang Utara Acis Maidi, semua temuan dari tiap TPS, untuk tindak lanjutnya akan dilakukan saat pleno rapat terbuka tingkat PPK di setiap kecamatan. “Nanti saat pleno kami tindak lanjuti lagi,” pungkasnya. (mga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button