Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Arus Balik Kloter Terakhir, Padat Penumpang, Dermaga Penuh Sesak 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Lonjakan penumpang kembali mewarnai moda transportasi laut KM Binaiya tujuan Awerange, Selasa (3/7) dini hari. Berdasarkan data dari PT Pelni, total penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Loktuan mencapai 1.771 jiwa. Baik itu menuju Awerange, Labuan Bajo, maupun Bima.

Jumlah tersebut tentunya melebihi kapasitas penumpang yakni 999 orang. Namun terdapat kebijakan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ada dispensasi terkait arus Lebaran sebanyak 71 persen. Artinya 1.641 penumpang yang diakomodir dalam pelayaran ini. Namun kebijakan diambil oleh PT Pelni dan awak kapal sehubungan 130 penumpang yang di luar kebijakan tersebut.

Nahkoda KM Binaiya Kapten Ali Bathin menyebut pelayaran kali ini merupakan arus balik kloter terakhir. Pasalnya, sebelumnya KM Binaiya tidak melayani rute Labuan Bajo dan Bima. Namun setelah menuju Awerange, kapal bertolak ke Makassar, dan kembali ke Awerange lagi.

“Kemarin tidak memuat penumpang ke Labuan Bajo dan Bima, mereka pasti menunggu karena ini satu-satunya kapal yang menuju ke sana dari Bontang,” kata Ali.

Tingginya jumlah penumpang membuat sirkulasi penumpang turun dan naik pun tersendat. Alhasil dermaga penuh sesak. Kebanyakan penumpang yang turun masih menunggu para tenaga kerja bongkar muat (TKBM) mengangkut barang bawaannya.

Berbagai skema pun diterapkan oleh petugas di lapangan. Di antaranya, seluruh penumpang dari Awerange diminta turun terlebih dahulu hingga habis. Setelah itu penumpang naik diarahkan menuju tangga depan, tengah, dan belakang. “Untuk tangga darurat tetap kami prioritaskan bagi penumpang turun maupun pengantar yang ikut naik dek kapal,” imbuhnya.

Sebelumnya, KM Binaiya melakukan perjalanan dari Pelabuhan  Awerange, Minggu (1/7) lalu pukul 23.00 Wita. Dengan membawa penumpang sejumlah 1.577 orang. Namun kapal mengalami keterlambatan kedatangan lantaran gelombang besar. Alhasil KM Binaiya sandar pada Selasa (3/7) pukul 02.40 Wita.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments