Peraturan Partai Tak Saklek 

BERPINDAHNYA Sofyan Hasdam menuju partai NasDem mengandung teka-teki. Pasalnya, adanya peraturan organisasi dari partai berlambang pohon beringin yang melarang ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar di provinsi dan kabupaten/kota, punya garis turunan satu arah, anak, istri, atau suami menjadi kader parpol lain.

Hal ini termuat dalam petunjuk pelaksanaan (juklak) Musyawarah Daerah (Musda) dan Juklak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Partai Golkar. Disahkan melalui Rapat Pleno DPP Golkar 13 Juni 2016. Andi Sofyan Hasdam menyebut peraturan tersebut bersifat tidak mutlak. Seperti diketahui, istri Sofyan, Neni Moerniaeni merupakan Ketua DPD II Golkar Bontang. “Peraturan itu tidak saklek,” kata Sofyan.

Bapak dari tiga anak ini lantas mencontohkan adanya pimpinan partai Golkar yang hingga kini belum disentuh. Kendati adiknya memilih bergabung dengan partai lainnya. “Rahmad Masyud Ketua Golkar Balikpapan, adiknya Gofur calon bupati di Penajam yang merupakan Ketua Demokrat, malah mengalahkan Ketua Golkar di Penajam saat pilkada,  tidak diapa-apain, itu contoh ada,” paparnya.

Sebelum hengkang, ia melakukan diskusi dengan istri dan anak-anaknya. Mereka pun mendukung langkah apa yang diputuskan oleh Sofyan.

Sofyan pun menuturkan tidak mengkhawatirkan bilamana keputusan ini berimbas kepada posisi istrinya selaku Ketua DPD II Golkar Bontang. Dikatakannya, jikalau pengurus Golkar menganggap ini bentuk pelanggaran itu merupakan wewenang mereka. Namun, komitmen dari Neni Moerniaeni saat berbicara kepadanya ialah ingin membesarkan nama partai Golkar.

“Itu terserah mereka (partai, Red.), kalau kondisi ini dirasa menganggu partai Golkar, ya silakan saja (disanksi, Red.),” ucapnya.

Ia juga tidak melakukan penggembosan terhadap kader yang loyal terhadapnya. Bahkan Sofyan mengaku meminta kepada seluruh kader untuk tetap bertahan dan tidak mengikuti jejaknya. “Tidak ada satu orang pun yang saya pengaruhi untuk keluar dari Golkar atau terkait saya ke Nasdem ini,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Plt DPD I Golkar Kaltim ini. (ak)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept