Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Dahlan Iskan

Tim Celeng Happy Ending

Oleh: Dahlan Iskan

Mulai besok 12 remaja pegunungan pedalaman Thailand ini sudah tidak akan dipanggil Celeng 1, Celeng 2, Celeng 3 sampai Celeng 12 lagi.

Para remaja itu memang tergabung dalam klub sepakbola di desa mereka. Nama klubnya: Wild Boars. Alias babi hutan. Alias celeng.

”Celeng 2 sudah keluar dari mulut gua,” begitu kode yang resmi dipakai tim penyelamat.

”Celeng 1 sedang diperiksa dokter.”

Di rumah sakit pun nama-nama asli mereka disembunyikan. Diganti celeng nomor berapa.

Penguasa Thailand yang tidak demokratis memang  berhasil merahasiakan semua itu. Menunggu selesainya penyelamatan 12 celeng dan asisten pelatih mereka itu. Dari dalam gua Tham Luang.

Penyelamatan itu sudah sukses besar. Kemarin sore. Semua yang terperangkap sudah dilarikan ke rumah sakit ibukota provinsi Chiang Rai.

Siapa Celeng 1 yang sesungguhnya segera tidak menjadi rahasia. Demikian juga Celeng-Celeng nomor berikutnya.

Elon Musk, bos besar Tesla, ikut hadir di perbatasan Thailand-Myanmar-Yunnan itu.  Dua hari di sana. Bahkan ikut masuk gua. Sampai ke rongga 3. Dua kilometer dari mulut gua. Rongga 3 ini belakangan sudah diubah menjadi posko. Pos penyelamatan terdekat.

Elon Musk sampai menciptakan kapal selam mini. Yang bahannya dari material liquid. Yang terbukti cocok untuk kendaraan angkasanya. Tapi kapal selam Elon Musk ini tidak sampai perlu dipakai.

Misi yang awalnya diperkirakan mustahil itu selesai dalam tiga hari. Atau 17 hari sejak mereka terjebak di dalam gua 23 Juni lalu.

Padahal semula diperkirakan sangat sulit. Paling cepat empat hari. Bahkan sudah disiapkan skenario terburuk: tiga bulan. Menunggu selesainya musim monsoon.

Mereka masuk terowongan: 23 Juni.

Ditemukan penyelam Inggris: 2 Juli.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button