oleh

Alquran Palsu Tak Ditemukan di Bontang Kapolres: Jika Menemukan, Segera Laporkan 

BONTANG –Di wilayah Kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur (Kutim), warga digemparkan dengan beredarnya Alquran palsu. Alquran warna biru tua bertuliskan Wakaf Mushaf Almadinah di masjid. Dari hasil pengamatan sementara Kemenag Kutim, terdapat keganjilan dalam Alquran tersebut. Yakni tulisan Allah yang salah. Alquran pada umumnya memiliki harakat atau garis memanjang ke atas pada lafal Allah. Sedangkan Alquran yang ditemukan di Kutim memiliki harakat miring atau garis miring.

Meski demikian, Kemenag Bontang belum menemukan adanya peredaran Alquran palsu di Bontang.

Hal tersebut disampaikan Kasi Penyelenggara Syariah, Yarkani. Dikatakan dia, memang di Bontang belum ada laporan adanya Alquran palsu. Sehingga, pihak Kemenag Bontang belum melakukan tindakan apapun dengan adanya Alquran palsu yang beredar di Kutai Timur (Kutim). “Kami belum mendapat arahan juga terkait adanya Alquran palsu yang beredar di Kutim dari kepala Kemenag,” jelas Yarkani, Jumat (13/7) kemarin.

Kata dia, saat ini, para pegawai di Kemenag Bontang sedang sibuk mempersiapkan pemberangkaran jemaah haji dengan berbagai latihan manasik. Namun demikian, bukan berarti pihaknya mengabaikan pemberitaan terkait peredaran Alquran palsu. “Kami masih fokus mengurus keberangkatan haji, tetapi jika memang ada laporan masuk maka akan segera kami tindaklanjuti,” ujarnya.

Yarkani mengimbau jika masyarakat Bontang ada yang menemukan Alquran yang tulisannya tidak sesuai dengan kaidah Islam maka segera menyampaikan ke Kemenag atau ke MUI Bontang. “Karena Kemenag tidak bisa bekerja sendiri tanpa MUI. Begitupun MUI, kami harus bersama-sama,” ungkapnya.

Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti melalui Kasubag Humas Iptu Suyono mengatakan, pihaknya juga belum mendapat laporan ditemukannya Alquran palsu. “Belum ada laporan, tetapi masyarakat diminta waspada dan lebih teliti jika memang menemukan maka segera laporkan,” pungkasnya. (mga)

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares