oleh

Belgia vs Inggris, Mencari Pelipur Lara

Berawal dari Grup G, kemudian menempuh jalur berbeda hingga semifinal, keduanya bertemu lagi untuk memainkan satu pertandingan penghabisan. Namun mereka bukan bertemu di final, melainkan dalam perebutan tempat ketiga.

Belgia dan Inggris akan bertanding di Saint Petersburg Stadium dalam partai third place play-off Piala Dunia 2018, Sabtu (14/7). Ini adalah kesempatan mereka untuk mencari pelipur lara usai sama-sama gagal ke final.

Dikutip dari bola.com, di semifinal, Belgia berhadapan dengan Prancis. Dalam laga di Saint Petersburg Stadium itu, generasi emas Belgia gagal memanfaatkan kesempatan terbaik mereka untuk masuk final Piala Dunia pertamanya. Gol tunggal Samuel Umtiti menjadi pembeda.

Belgia, yang sebelum itu sudah menyingkirkan sang favorit Brasil, tak mampu mengulangi performa hebat mereka di hadapan Prancis. Kalah, masih ada satu pertandingan terakhir bagi mereka, yakni melawan Inggris.

Inggris juga bernasib sama dengan juara grupnya itu, kalah di semifinal. Inggris ditekuk Kroasia 1-2 lewat extra time.

Dibandingkan Belgia, yang harus melawan Jepang, Brasil dan Prancis di fase knockout, jalur Inggris sejatinya lebih mudah. Pasukan Gareth Soutthgate “cuma” harus melawan Kolombia, Swedia dan Kroasia. Namun mereka sama-sama kandas ketika hanya tinggal selangkah menuju final.

Pada matchday 3 Grup G, 28 Juni lalu, Inggris melawan Belgia di Kaliningrad Stadium. Kedua tim tidak menurunkan kekuatan penuh, salah satunya karena mempertimbangkan akumulasi kartu beberapa pemainnya. Belgia menang 1-0 lewat gol tunggal Adnan Januzaj dan finis sebagai juara grup.

Mungkin Inggris sedikit bersyukur meski hanya jadi runner-up. Pasalnya, itu membawa mereka ke jalur yang lebih mudah daripada Belgia. Andai Inggris berada di posisi Swedia, bisa jadi mereka takkan melangkah sejauh ini.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share