oleh

Pengedar Narkoba Lintas Provinsi Dibekuk  BNNP Amankan Belasan Poket Sabu 

SAMARINDA – Pengedaran narkoba di Kaltim seolah tidak pernah habis. Senin (16) lalu, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim memublikasi lima jaringan pengedar barang haram tersebut. Dalam pengungkapan  tersebut, petugas berhasil menelusuri pola terselubung yang digunakan bandar narkoba dalam mengedarkan sabu.

Joni (25), salah seorang pengedar yang berhasil ditangkap BNNP Kaltim, mengaku baru saja menjalankan profesi terlarang tersebut. Meski tidak mengetahui upah yang didapatkan, pemuda yang tidak memiliki pekerjaan tetap itu nekad mengedarkan narkoba.

“Enggak tahu berapa dapatnya. Baru kali ini saya edarkan. Sudah mulai sejak awal tahun. Yang beri juga enggak tahu. Karena enggak pernah ketemu,” katanya pada awak media.

Dia menyebut, pola pengedaran narkoba dilakukan tanpa bertemu muka. Baik pengedar maupun konsumen tidak bertemu secara langsung. Hal itu untuk menghindari kemungkinan adanya jebakan yang dilakukan aparat kepolisian.

“Ya begitu caranya. Pengalamannya banyak yang tertangkap karena ketemu langsung. Jadi kami tidak bertemu waktu barang itu dijual,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Kaltim, AKBP Tampubolon menyebut, Joni diamankan bersama jaringan narkotika yang berhasil ditangkap lembaga tersebut sejak akhir Juni 2018 lalu hingga pertengahan bulan Juli ini.

Kata dia, penangkapan pertama dilakukan di Jalan Agatis, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Di lokasi tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti tiga poket sabu seberat 1,44 gram, timbangan digital, telpon genggam, plastik, dan sendok penakar.

“Kami melakukan penindakan pada 29 Juni 2018. Sedangkan barang bukti itu kami dapatkan dari pelaku yang berinisial HTI dan AT. Dari AT, kami berhasil menangkap RD dan NJ,” bebernya.

Penangkapan terhadap RD dan NJ menambah barang bukti baru dari jaringan narkotika di Kukar tersebut. Dari keduanya didapatkan satu poket sabu seberat 2,38 gram, buku catatan sabu, dan alat hisap.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share