oleh

Dewan Kritik Penggunaan Dana CSR  Dianggap Tak Tepat untuk Pembangunan Lampu Hias 

SAMARINDA – Penggunaan dana corporate social responsibility (CSR) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk pembangunan lampu hias Taman Samarendah mendapatkan sorotan dari para wakil rakyat. Pasalnya, dana tersebut seharusnya bisa digunakan untuk keperluan pembangunan yang sifatnya prioritas seperti pendidikan dan kesehatan.

Salah satu sorotan sekaligus kritikan itu datang dari anggota Komisi II DPRD Samarinda, Hairil Usman. Ia menilai, langkah yang diambil Pemkot Samarinda menggunakan dana CSR untuk pembangunan lampu hias taman sangatlah tidak tepat.

Menurutnya, setiap bantuan pendanaan, terutama yang bersumber dari dana CSR seharusnya bisa digunakan lebih bijak oleh pemerintah. Misalnya untuk keperluan pembangunan yang lebih mengena kepada masyarakat, seperti pembangunan rumah ibadah dan sekolah.

“Apalagi di Samarinda ini masih banyak sekolah yang perlu perhatian pemerintah,” ujar Hairil saat disambangi di kantor DPRD Samarinda di Jalan Basuki Rahmat, Senin (16/7) lalu.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini menuturkan, pihaknya sudah sering mengajukan anggaran untuk perbaikan sejumlah sekolah yang rusak di Samarinda. Namun usulan tersebut hingga kini belum sepenuhnya diakomodasi. Ia menyebut, selama ini pemerintah selalu menolak usulan itu dengan alasan minimnya anggaran.

Pada prinsipnya Hairil paham mengenai hal tersebut. Namun seharusnya pemerintah bisa lebih memprioritaskan pembenahan pendidikan, dibandingkan dengan sesuatu yang tidak bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Apalgi masalah pendidikan merupakan salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Seharusnya kan, kalau memang kurang anggarannya bisa diakomodasi di APBD tahun selanjutnya. Tapi sampai sekarang belum ada,” ketusnya.

Hairil menyebutkan, ada sekira 200 lebih sekolah di Kota Tepian yang mengalami kerusakan, dari kerusakan sedang hingga parah. Dan sekolah dengan kerusakan skala parah inilah yang butuh perhatian lebih dari pemerintah kota.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...