Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

DKP3 Luncurkan Program “Ketok Tular” 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Dalam upaya mewujudkan pegawai yang suka berbagi ilmu, suka berbagi keterampilan, serta saling peduli dan amanah dalam bekerja, maka Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang meluncurkan program dengan nama “Ketok Tular”. Program ini diinisiasi oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian DKP3, Syarifuddin, SE., M.Si yang saat ini sedang menyusun dan merealisasikan proyek perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XVIII Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara di Samarinda.

Program Ketok Tular ini masih pada pentahapan (Milestones) jangka pendek. Pentahapan ini terdiri dari 4 tahapan. Pertama, persiapan dengan mengumpulkan bahan dan menyusun draf, kedua membentuk tim efektif, ketiga sosialisasi kegiatan baik internal dan eksternal, dan keempat pelaksanaan pelatihan ketok tular tahap I.

Syarifuddin mengatakan, dalam pelaksanaan pelatihan ketok tular tahap I ini lebih ditekankan tentang bagaimana tim efektif yang dibentuk bisa mengoperasionalkan dan merawat segala peralatan kantor. Seperti komputer, printer, maupun kendaraan baik itu kendaraan darat maupun kendaraan laut yang dimiliki DKP3. Untuk menyelaraskan hal tersebut, dilaksanakanlah pelatihan di dalam kantor dengan cara saling mengajari antar sesama pegawai. Selain itu bisa pula dengan opsi menggelar pelatihan di penyedia layanan service komputer dan printer dengan mengikutkan beberapa pegawai dengan sistem magang.

“Hal ini dilaksanakan dalam upaya meminimalkan biaya pemeliharaan peralatan kantor serta lebih memberdayakan kemampuan SDM sendiri tanpa ketergantungan dengan penyedia jasa service,” ujarnya.

Untuk lebih memaksimalkan teknis penggunaan dan pemeliharan peralatan kantor kata Syarifuddin, tim efektif yang di bentuk pun juga melaksanakan studi banding ke dua perusahaan besar yang ada di Bontang, yakni Badak LNG dan PT Pupuk Kaltim. Lewat pentahapan jangka pendek ini, Syarifuddin berharap dapat menumbuhkan semangat pegawai untuk berbagi pengetahuan. Harapan lainnya, dapat menumbuhkan rasa memiliki perlengkapan kantor dengan turut memelihara dan menjaga dengan baik.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments