oleh

147 Jemaah Dipaskitan Sehat, Kemenag Fokus Urus Visa  Calhaj Bontang Berangkat Akhir Juli

BONTANG – Sebanyak 147 calon jemaah haji (calhaj) asal Bontang dijadwalkan akan berangkat akhir Juli, tepatnya Senin (30/7) mendatang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, keberangkatan para tamu Allah tersebut akan dilepas di Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Bontang, Bontang Baru sekira pukul 07.00 Wita.

Rombongan calhaj akan diantar menuju Asrama Haji Balikpapan menggunakan bus Pemkot diiringi tim Patwal Polres Bontang, Dinas Perhubungan (Dishub),  Dinas Kesehatan (Diskes), dan Satpol PP. Setelah beristirahat dan melakukan berbagai persiapan di asrama haji, calon jemaah haji Bontang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 bersama jemaah haji asal Kutai Timur, Kutai Barat, dan Balikpapan akan terbang ke tanah suci pada hari berikutnya, Selasa (31/7).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, Ali Mustafa mengatakan, berbagai persiapan pun telah dimatangkan sebelum keberangkatan. Sebelum keberangkatan, nantinya pada Kamis (26/7) di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, akan digelar salat hajat dan pengajian. Setelahnya jemaah akan mendapatkan tausiah mengenai kesehatan haji dan doa bersama Pemkot Bontang. Kata Ali, para calon jemaah pun juga telah mengikuti bimbingan manasik haji. Baik itu manasik mandiri maupun manasik di tingkat kecamatan.

“Untuk manasik tingkat kota, akan dilaksanakan pada 21-22 Juli 2018,” ujarnya.

Ditanya soal kondisi kesehatan para calon jemaah, Ali Mustafa menyebut seluruh jemaah dalam kondisi baik dan sehat. Bahkan jemaah lansia dengan usia tertua 80 tahun pun juga dinyatakan siap mengikuti ibadah haji.

“Pada tiap bus menuju Balikpapan nanti, akan ditempatkan tenaga medis beserta mobil ambulans, yang akan mengiringi bus hingga asrama,” terangnya.

Sebagai informasi, belum lama ini Pemkot beserta Kemenag Bontang menggelar rapat bersama di ruang rapat Asisten II Setda Bontang, Kelurahan Bontang Lestari untuk mempersiapkan keberangkatan jemaah haji. Rapat yang dipimpin Kepala Kemenag Sulaiman Anwar tersebut turut dihadiri oleh Plt Kabag Sosial dan Ekonomi Setda Bontang, Ajizah beserta staf dan Organisasi perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares
loading...