Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Setwan Enggan Beber Absensi Dewan? Pengamat Sebut Ada yang Tidak Beres 

Published

on

Dibaca normal 4 menit

BREAKER: “Absensi di rapat paripurna itu kan penting sebagai dasar kehadiran anggota. Karena enam kali berturut-turut tidak hadir paripurna tanpa alasan yang jelas, dan dengan atau tanpa keputusan, dapat diberhentikan”. Herdiansyah Hamzah (Pengamat Hukum dan Politik Unmul Samarinda)

SAMARINDA – Tingkat kehadiran anggota DPRD Kaltim dalam setiap sidang paripurna masih terbilang rendah. Terbukti dalam beberapa kali sidang, hanya belasan wakil rakyat yang menghadiri sidang. Karena itu, Sekretariat Dewan (Setwan) diminta untuk memublikasi data kehadiran dewan dalam sidang paripurna selama empat tahun terakhir.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kaltim, Muhammad Ramadhan mengaku tidak mengetahui data tersebut. Pasalnya, dirinya baru beberapa bulan bertugas di gedung Karang Paci.

“Bisa minta ke Bagian Persidangan. Mereka yang tahu. Sekarang saya belum pegang data itu. Bilang saja dari saya, sudah mengizinkan,” ungkapnya belum lama ini.

Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kaltim, Salamat Harahap yang dimintai data tersebut justru mengaku akan mengonfirmasi terlebih dulu pada Sekwan dan pimpinan dewan.

“Walaupun sudah ada komunikasi dengan beliau, saya harus minta persetujuan secara resmi. Karena ini data yang tidak boleh langsung kami publikasi,” katanya, Selasa (17/7) lalu.

Dia meminta Metro Samarinda kembali lagi pada hari berikutnya. Selain harus meminta persetujuan pimpinan, dirinya perlu menanyakan data tersebut pada Kepala Sub Bagian Persidangan dan Risalah.

“Silakan datang lagi besok (kemarin, Red.). Insyaallah saya akan usahakan untuk meminta data itu. Kalau sudah ada, akan kami kasih,” imbuhnya.

Rabu (18/7) kemarin, media ini kembali meminta data tersebut. Salamat mengaku telah berkomunikasi dengan staf yang memegang data tersebut. Bahkan media ini diminta untuk memintanya secara langsung.

“Boleh diambil sama Sub Bagian Persidangan. Saya sudah komunikasi sama beliau. Mungkin ada di ruangannya. Silakan ke sana saja,” sarannya.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments