oleh

HEBAT!!! Koperasi Kutim Raih Penghargaan Tingkat Nasional Kategori Produsen di Harkopnas ke-71 

SANGATTA – Koperasi Karya Sejahtera, Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), mendapatkan penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional 2018 dalam kategori Koperasi Produsen. Penghargaan tersebut  diserahkan Menteri Koperasi dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid, dalam peringatan Hari Koperasi Nasional 2018 ke-71, di Jakarta belum lama ini.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kutim Muhammad Husaini mengatakan, setiap tahun Menteri Koperasi melakukan penilaian bagi semua koperasi yang ada di Indonesia. Sasarannya lima koperasi, yakni Koperasi Konsumen, Koperasi Produsen, Koperasi Jasa, Koperasi Simpan Pinjam dan Koperasi Pemasaran.

“Sebelumnya Diskop mengajukan 4 koperasi ke provinsi, namun 1 yang memenuhi syarat hingga berhasil mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. Koperasi ini juga merupakan koperasi berbasis masyarakat yang pertama mendapatkan penghargaan dari Menteri Koperasi. Kutim beberapa kali juga telah mendapat penghargaan, namun koperasi karyawan,” sebut Husaini.

Penilaian yang dilakukan lanjutnya, mulai dari aspek organisasi, manajemen, manfaat dan dampak, serta produktivitas. Persyaratan utama adalah koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) selama 2 tahun berturut-turut.

“Penghargaan ini juga berkat kerjasama dengan Mitra Koperasi yaitu PT Kapas Group dari Darma Satya Nusantara (DSN) yang betul-betul memberikan pendampingan kepada koperasi. Sehingga koperasi setara dengan mitranya dari sisi manajemen,” tuturnya.

Husaini pun berharap, dengan terpilihnya koperasi Karya, bisa menjadi motivasi bagi semua Koperasi di Kutim agar bisa berbenah dan mendapat berbagai penghargaan.

Sementara itu, Ketua Koperasi Karya Sejatera Segius Kajan Luhat melalui Bendahara Apoloz mengatakan, penghargaan tersebut berkat kerja sama semua pihak, baik dari pengurus, mitra Koperasi Karya Sejahtera (PT Kapas) dan Dinas Koperasi Kutim yang telah banyak memberikan pembinaan dan pendampingan, sehingga tahun ini bisa mendapatkan penghargaan koperasi berprestasi d itingkat nasional.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...