oleh

Bupati Serahkan 96 KTP-el 

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar secara simbolis menyerahkan sebanyak 96 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada warga di Kecamatan Telen, Kamis (19/7) kemarin.

Penyerahan tersebut dilakukan di sela-sela kunjungan kerja bersama Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang, didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutim, Januar HPLA serta rombongan. Tak hanya KTP-el, bupati pada kesempatan itu turut membagikan 221 akta kelahiran.

Bupati menjelaskan, KTP-el  memiliki banyak manfaat penting. Antara lain berfungsi sebagai identitas diri, berguna mengurus berbagai keperluan, seperti SIM, STNK, Surat Izin Usaha dan lain sebagainya.

“Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia 17 tahun ke atas wajib memiliki KTP-el. Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh. Seperti mengurus paspor dan visa, keperluan bisnis atau usaha, mempermudah klaim asuransi jika terjadi kecelakaan, sebagai dasar untuk menggunakan hak suara dalam pemilu dan sebagainya,” jelas Ismunandar.

Bagi yang belum melengkapi diri dengan KTP-el, Bupati Ismunandar juga mengimbau untuk segera mengurus. Karena sesuai dengan Perpres nomor 112 tahun 2013, menyatakan bahwa mulai Januari 2015 semua WNI wajib memiliki KTP-el. Sebab kelak semua pelayanan publik berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KTP-el.

“KTP itu seperti nyawa penduduk, karena segala urusan bermula dari KTP-el, jika tidak punya KTP-el segala urusan jadi terhambat,” tegasnya.

Sementara itu, Januar HPLA menjelaskan KTP yang dibagikan ini masih kurang. Karena keterbatasan blangko KTP dari pusat.

“Bagi masyarakat yang belum mendapatkan KTP-el mohon sabar, karena memang harus menunggu verifikasi pusat, baru datanya dikembalikan ke kabupaten, jika tidak ada kesalahan data, pasti KTP-elnya bisa langsung diambil,” ujarnya. (hms4/ver)

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares
loading...