oleh

RM Tahu Sumedang Diminta Berdayakan Tenaga Lokal  Jika Izin Operasional Sudah Diterbitkan Pemerintah

SAMARINDA – Pengelola Rumah Makan (RM) Tahu Sumedang, Taman Hutan Raya (Tahura), Bukit Soeharno, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar), diminta memberdayakan tenaga kerja lokal. Pasalnya, selama beroperasi di wilayah tersebut, pemilik usaha hanya merekrut pekerja dari luar daerah.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) Tahura, Rusmadi, Selasa (17/7) lalu. Kata dia, kepulangan sejumlah pekerja RM Tahu Sumedang selama penghentian sementara operasional usaha tersebut, mestinya dijadikan momen bagi pengelola untuk mempekerjakan warga setempat.

“Masa orang luar terus yang diambil. Kenapa tidak orang-orang di sekitar situ saja. Kami ingin itu yang diperhatikan pemilik usaha. Kita ini kan mau juga mengurangi pengangguran di daerah,” imbuhnya.

Disinggung penerbitan izin operasional RM Tahu Sumedang, Rusmadi mengaku pihaknya sedang memprosesnya. Karena itu, pengelola usaha tersebut diminta bersabar selama pengurusan izin.

“Selama bertahun-tahun beroperasi di sana kan sudah dapat untung banyak. Masa enggak bisa nunggu. Kan ini hanya proses saja. Tunggu saja, ini sedang kami urus,” tegasnya.

Karena itu, sebelum izin tersebut terbit, pihaknya meminta pemilik RM Tahu Sumedang tidak beroperasi. Apabila melanggar ketentuan tersebut, maka pemerintah tidak segan memberikan sanksi.

“Takutnya kalau ada apa-apa, nanti kami yang disalahkan. Apalagi ini sudah terpublikasi secara nasional. Saya sudah kasih tahu mereka, jangan dulu buka. Hargai kami sebagai pemerintah,” ucapnya.

Kata Rusmadi, penerbitan izin tersebut terkesan lamban karena pihaknya perlu berkoordinasi dengan instansi terkait. Salah satunya menunggu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim yang sedang menggodok aturan pengurusan izin usaha di Tahura.

“Karena yang jelas KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Red.) menyerahkan penyusunan aturan pada pemerintah daerah. Saya sudah menghadap ke Biro Hukum. Insyaallah dalam waktu dekat akan segera kami susun,” jelas Rusmadi.

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares