Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Hoaks atau Tidak?

Heboh Pesawat Jatuh karena Google Maps

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BEBERAPA hari terakhir banyak netizen yang mem-posting screenshot gambar dari Google Maps. Di gambar itu terdapat penampakan seperti pesawat di dalam laut. Banyak yang mengira gambar tersebut merupakan pesawat yang jatuh di perairan.

“Pesawat jatuh di laut dekat kota Padang Provinsi Sumbar,” tulis akun Facebook Mamet Slamet (fb.com/mamet.slamet.180). Mamet Slamet juga mengunggah tiga foto citra udara. Foto tersebut diperbesar beberapa kali. Ada juga yang mengira pesawat dalam penampakan Google Maps tersebut merupakan MH 370 yang hilang pada 2014.

Jika dilihat sepintas, memang meyakinkan. Gambar yang di-posting akun itu seperti sebuah pesawat di bawah air. Tapi kalau disebut sebagai pesawat jatuh, rasanya tidak mungkin karena kondisinya utuh. Yang paling mungkin, pesawat mendarat darurat. Tapi, ternyata pesan tersebut keliru.

Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui instastory di Instagram menjelaskan fenomena tersebut. Menurut mereka, gambar itu bukan pesawat jatuh atau mendarat darurat. Gambar dari Google Maps tersebut hanyalah bayangan pesawat yang sedang melintas melewati perairan sekitar Pantai Air Manis, Padang. ”Wilayah tersebut merupakan jalur penerbangan pesawat yang hendak landing di Bandara Minangkabau,” tulis akun Instagram Basarnas @sar_nasional. (gun/c6/fat)

FAKTA
Gambar itu bukan pesawat jatuh atau mendarat darurat. Gambar dari Google Maps tersebut hanyalah bayangan pesawat yang sedang melintas melewati perairan sekitar Pantai Air Manis, Padang.

Advertisement
Comments