Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Hoaks atau Tidak?

Penyelamat Thailand Tidak Bicara soal Azan

Published

on

Dibaca normal 2 menit

PEMBUAT hoax di Indonesia kerap menyasar umat muslim untuk mendapatkan banyak perhatian. Contohnya, posting-an akun Twitter Mister X (@AnonArmy777). Akun itu mengabarkan bahwa tim penyelamat 12 remaja yang terjebak di gua di Thailand berterima kepada seorang muslim.

“Subhanallah penyelamat Thailand ini mengatakan berterima kasih kepada orang muslim ini karena orang ini telah melakukan azan. Tiba-tiba ada cahaya yang datang dari orang ini sehingga dia bisa melihat tempat aman untuk para penyelamat di luar gua,” tulis akun Mister X. Status tersebut juga disertai video dengan gambar seseorang pria berbahasa Thailand. Di samping pria itu, terlihat seorang pria lain yang memakai peci putih.

Jawa Pos berupaya menanyakan kebenaran video tersebut kepada seorang warga Indonesia yang menetap di Thailand, Imron Dengni. Imron sering kali menjadi translator ketika jurnalis Jawa Pos melakukan peliputan di Thailand. Imron lantas mengartikan percakapan seorang pria yang muncul di video yang dibagikan akun Mister X.

Ternyata terjadi kesalahan dalam narasi video. Pria di video itu memang menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses evakuasi 12 remaja yang terjebak dalam gua. ’’Tak dikira bangsa apa pun, mau Burma, Thai Muslim, atau orang asing, saya berucap banyak terima kasih dan satu kebanggaan’’. Jadi, dalam video tersebut, tidak ada penjelasan tentang azan.

Di video lain yang ditemukan Jawa Pos, memang tampak seorang pria berpeci sempat merekam proses evakuasi dari kejauhan. Lalu, dia mengumandangkan azan. ’’Pria berpeci yang berada di samping pria berbahasa Thailand itu memang wartawan dari salah satu channel TV kabel untuk acara-acara muslim,’’ jelas Imron.

Menurut Imron, video tersebut sempat viral di Thailand. Namun, tidak ujuk-ujuk setelah azan proses evakuasi berhasil sebagaimana yang dinarasikan sejumlah orang. ’’Kalau tidak salah, 2–3 hari kemudian proses evakuasi baru berhasil,’’ kata Imron yang juga seorang muslim.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments