oleh

Berawal dari Hobi, Berbuah Inovasi  Tenaga Kerja Bontang Luncurkan Inovasi Aplikasi Balancing In-Situ 

Berkarya dan berinovasi itulah yang harus melekat di tubuh generasi muda zaman milenial ini untuk meraih kesuksesan. Seorang tenaga kerja Bontang berhasil menuangkan idenya untuk menciptakan software balancing in-situ peralatan turbomachinery berbasis android. Dibuat sejak akhir tahun 2017 dalam waktu singkat, antusiasme konsumen dari aplikasi tersebut sudah tampak. Baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

ADIEL KUNDHARA, Bontang

SIAPA sangka, berbekal hobi akan dunia desain permesinan, Nosal Nugroho Pratama (28)  justru menciptakan sebuah inovasi. Field Balancing Premium, aplikasi mobile ini merupakan suatu terobosan baru di bidang teknologi corrective maintenance engineering peralatan turbomachinery.

Contoh peralatan turbomachinery seperti turbin, kompresor, pompa, fan, disk, dan berbagai peralatan mesin berputar lainnya.  Di mana praktisi industri dan insinyur yang bekerja di industri kimia, industri minyak dan gas, industri pembangkit listrik, industri semen dan pertambangan dapat terbantu dalam melakukan aktivitas balancing in-situ.

“Teknisnya ada dua metode yang dapat diterapkan dalam aplikasi ini, yakni menyeimbangkan peralatan berputar pada satu bidang (single plane balancing)  dan pada dua bidang (two plane balancing),” kata Nosal saat ditemui Bontang Post di kediamannya, Kamis (19/7).

Alumnus Universitas Gadjah Mada Jurusan Teknik Mesin ini berujar untuk penerapan saat menyeimbangkan satu bidang, dibutuhkan tiga kali proses pengujian pengambilan data. Sedangkan untuk menyeimbangkan pada dua bidang dibutuhkan empat kali proses pengujian. Lama waktu pengerjaan mencapai dua jam.

“Tergantung dari tingkat kesulitan pengoperasian peralatan yang sedang dilakukan balancing-in situ,” ujar pria kelahiran Serang ini.

Umumnya, aktivitas balancing in-situ turbomachinery dilakukan dengan biaya yang sangat mahal melibatkan bantuan services company. Serta para pekerja yang melakukannya juga harus tersertifikasi dan berpengalaman. Dengan dikembangkannya aplikasi mobile Field Balancing Premium, insinyur yang bekerja di industri dapat secara mudah melakukan perhitungan balancing in-situ.

Bagikan berita ini!
  • 10
    Shares
loading...