Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

11 Ribu Bibit Kakao Siap Ditanam  Tunjang Pembangunan Pabrik dengan Kualitas Ekspor

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Dukungan terhadap komoditi unggulan di sektor perkebunan terus dilakukan. Terbukti tahun ini Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) telah menyiapkan sebanyak 11 ribu bibit kakao.

Sekretaris Disbun Kutim Kasiyanto menjelaskan, ada sembilan komoditi unggul di Kutim salah satunya adalah buah kakao. Sejatinya agar rantai produksinya buah tersebut tidak terputus. Maka Pemkab akan membangunkan pabrik yang nantinya dapat menjadikan biji kakao memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Dalam menunjang pabrik ini, kami sudah siapkan 11 ribu bibit,” paparnya belum lama ini.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, untuk mendukung kehadiran pabrik tersebut. Tahun ini, rencananya pemkab akan membeli alat produksi pengolahan buah kakao dengan kualitas ekspor. Dengan kapasitas mesin 200 kilo per Jam dengan harga Rp 800 Juta.

“Pembelian alatnya sudah tender tahun ini. Perkiraan insyaallah 2019 itu sudah berjalan,” kata Kasiyanto.

Dia menambahkan, untuk lahan, Pemkab pun sudah menyiapkan di Jalan AW Syahranie dengan luasan 40 x 20 meter. Namun untuk gudang, masih akan dianggarkan yang rencananya akan bekerja sama dengan perusahaan melalui dana CSR.

“Berdasarkan data Expose Pembangunan Kutim 2017, angka peningkatan luasan areal mengalami peningkatan walau tidak tinggi. Seperti 2016 luas lahan kakao 4.082, 76 hektare (ha) dan pada ada akhir 2017 naik menjadi 4.092, 01 ha,” tutupnya. (ver)

Advertisement
Comments