oleh

Syarat Keterwakilan Perempuan Terpenuhi

TAHAPAN pencalonan bakal calon anggota DPRD Kaltim 2019 mulai memasuki babak perbaikan administrasi. Berdasarkan data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, sebanyak 718 bakal caleg (bacaleg) akan memperebutkan 55 kursi yang tersedia di gedung DPRD Kaltim, Karang Paci.

Kursi yang dimaksud yakni berasal dari 10 daerah pemilihan (dapil). Meliputi dapil 1 Samarinda sebanyak 12 kursi, dapil 2 Balikpapan 10 kursi, dapil 3 Paser dan Penajam Paser Utara sebanyak tujuh kursi. Kemudian dapil 4 Kutai Kartanegara sebanyak 11 kursi, dapil 5 Kutai Barat dan Mahakam Ulu sebanyak tiga kursi, dapil 6 Bontang, Kutai Timur, dan Berau 12 kursi.

Ketua KPU Kaltim, Muhammad Taufik mengungkapkan, ratusan bakal calon tersebut diusung 16 partai politik (parpol) peserta pemilu 2019. Artinya, setiap parpol telah mengusung bacaleg yang akan berlaga di enam dapil yang tersebar di Benua Etam.

“Setiap parpol mengusung bacaleg dengan jumlah yang berbeda-beda. Ada yang penuh sesuai kursi yang tersedia, ada juga yang kurang dari itu,” ungkapnya, Sabtu (21/7) kemarin.

Adapun parpol yang mengusung bacaleg sebanyak 55 orang yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain itu, ada juga Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

“Itu yang mengusung secara penuh di setiap dapil. Ada juga parpol yang mengusung kurang dari itu. Tetapi tetap sah saja. Tidak dilarang. Karena mungkin hanya itu kemampuan parpol,” ucap Taufik.

Adapun parpol yang mengusung kurang dari jumlah maksimal tersebut yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 46 orang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 54 orang, dan Partai Bulan Bintang (PBB) 33 orang.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...