Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Selama Ibadah Haji, Jemaah Wajib Jaga Etika dan Akhlak  Pesan Kemenag Pada Kegiatan Bimbingan Manasik Haji

Published

on

Dibaca normal 1 menit

Tidak dipungkiri, berbagai permasalahan dan kendala kerap menghampiri jemaah selama pelaksanaan ibadah haji. Salah satunya, terkait masalah niat dan perbuatan. Untuk meminimalisir hal tersebut, Kementerian Agama (kemenag) berkewajiban memberikan arahan dan bimbingan dalam kegiatan manasik haji yang diselenggarakan di setiap kecamatan.

===========

KEPALA Kemenag Bontang, Sulaiman Anwar mengingatkan kepada calon jemaah haji (calhaj) untuk tetap menjaga etika dan akhlak selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Penyampaiannya ini disampaikan di hadapan 83 calon jemaah yang hadir pada bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan Bontang Utara, yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Nurul Huda, Jalan MH Thamrin, Kelurahan Gunung Elai, belum lama ini.

“Yang paling utama adalah luruskan niat semata-mata hanya karena Allah SWT. Perbanyak bersedekah dan saling tolong menolong antar sesama akan lebih bermaslahat bagi jemaah. Tinggalkan segala akhlak tercela yang menjurus pada kekejian, kefasikan, dan pertengkaran. Berpakaianlah yang sederhana dengan meninggalkan atribut kesombongan dan kemewahan,” pesan Sulaiman kepada jemaah.

Tak hanya itu, Sulaiman juga memberikan penjelasan tentang beberapa permasalahan yang sering terjadi mulai dari berangkat pemberangkatan, selama ibadah, saat berada di hotel atau pemondokan, maupun saat kembali pulang ke tanah air. Tak luput, kondisi terkini yang akan dihadapi oleh jemaah haji pun juga dia sampaikan. Tak hanya memberikan gambaran kondisi dan kendala yang dihadapi, tetapi jemaah juga dibekali ilmu cara mengatasinya.

“Kami sarankan para jemaah untuk lebih sering berlatih fisik. Karena saat ibadah nanti selama kurang lebih 40 hari, akan membutuhkan tenaga yang besar. Kesabaran menjadi hal yang paling diuji nantinya terutama saat mendapat musibah terhadap dirinya ataupun hartanya,” paparnya.

Di akhir sesi, Sulaiman juga memperlihatkan video kepada jemaah yang berisi tentang pelaksanaan manasik haji. Tak cukup hanya menonton video, hari ini (22/7) seluruh calon jemaah haji pun akan mendapatkan bimbingan praktik ibadah haji langsung secara lengkap dalam kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat kota di halaman Kantor Kemenag Bontang. (bbg)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments