oleh

147 Calhaj Jalani Manasik Gabungan, Praktikkan Peragaan Haji Matangkan Persiapan Jelang Keberangkatan

BONTANG – Guna mematangkan persiapan jelang keberangkatan ke tanah suci, 147 calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Taman mengikuti bimbingan manasik haji tingkat kota yang diselenggarakan di sekitar halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bontang Jalan Piere Tendean, Minggu (22/7) kemarin.

Dalam pertemuan manasik terakhir sebelum keberangkatan ini, para jemaah tampak antusias menyimak dan mendengarkan setiap arahan dari para pembimbing haji. Berbagai prosesi selama ibadah haji pun mereka praktikkan. Mulai start dari hotel, kemudian wukuf di Arafah, berjalan menuju Musdalifah, bermalam di Mina, melempar jumrah aqabah, kembali ke pemondokan di Mina, melempar jamarat ula wusta aqabah pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah, kembali ke hotel tempat menginap, dan terakhir melakukan tawaf dan sai.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Bontang Ali Mustofa mengatakan, bimbingan ini menjadi yang terakhir sekaligus menjadi penyempurna dari bimbingan-bimbingan sebelumnya. Yang mana sebelum manasik, sudah terlebih dahulu dilaksanakan berbagai bimbingan mulai bimbingan manasik mandiri, bimbingan manasik di tingkat kecamatan, dan terakhir di tingkat kota selama 2 hari.

“Di akhir bimbingan, setiap tahunnya rutin untuk langsung praktik di lapangan. Agar tidak kaget saat pelaksanaan aslinya nanti,” ujarnya kepada Bontang Post.

Nantinya, 147 calon jemaah ini kata Ali, akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 embarkasi Balikpapan bersama jemaah asal Kutim, Kubar dan Balikpapan. Mereka akan dilepas di rumah jabatan (rujab) Wali Kota Jalan Awang Long pada Senin (30/7) menuju asrama haji Balikpapan. Keesokan harinya setelah semalam menginap di asrama haji, barulah mereka langsung berangkat menuju ke tanah suci.

“Kami minta jemaah untuk selalu menjaga kesehatan. Perbanyak olahraga ringan. Harapan kami semoga pelaksanaan haji tahun ini dilancarkan, tak menemukan kendala-kendala berarti, dan semua bisa kembali ke tahan air dengan selamat,” harapnya. (bbg)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...