Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Laporan Masyarakat Bisa Gugurkan Calon

Published

on

Dibaca normal 2 menit

DALAM tahapan verifikasi berkas bakal calon legislatif (bacaleg) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, ditemukan beragam kekurangan bahkan pelanggaran. Meski begitu, tetap saja terdapat ketidakpatuhan terhadap aturan yang belum terdeteksi oleh penyelenggara pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim, Saipul meminta masyarakat Benua Etam untuk menyampaikan laporan. Menurut dia, laporan dapat disampaikan secara tertulis disertai riwayat lengkap pelapor.

“Soalnya kan ada saja informasi yang tidak diketahui KPU dan Bawaslu. Makanya kami meminta masyarakat memberikan informasi kepada kami,” kata Saipul, Ahad (22/7) kemarin.

Menurut dia, isyarat penggunaan ijazah palsu oleh bacaleg sebagai bukti awal bahwa calon yang bakal tampil di Pemilu 2019 tidak bersih dari “dosa” masa lalu. Atas dasar itu, masyarakat lebih memiliki informasi yang memadai terhadap bacaleg.

“KPU dan Bawaslu itu memiliki informasi yang terbatas. Jadi tentu saja masyarakat lebih tahu latar belakang caleg. Karena di setiap dapil (daerah pemilihan, Red.), sebelum pencalonan, pasti calegnya sudah diketahui masyarakat,” tuturnya.

Saipul menyarankan, laporan dapat langsung disampaikan pada KPU. Pasalnya KPU akan membuka pengaduan. Namun bisa juga laporan tersebut diserahkan pada Bawaslu Kaltim.

“Laporan boleh disampaikan pada Bawaslu atau KPU. Itu bisa dilakukan setelah ada DCS (daftar calon sementara, Red.). Kami akan merahasiakan nama pelapor. Jadi masyarakat tidak perlu takut,” ucapnya.

Sementara itu, pengumuman DCS akan disampaikan KPU setelah masa perbaikan dokumen bacaleg. Setelah tahapan tersebut, akan ada tenggat waktu yang diberikan KPU pada masyarakat yang ingin memberikan laporan.

“Sehingga dengan adanya laporan itu, kami punya waktu yang cukup untuk menelusurinya. Karena tidak semua laporan bisa langsung dipercaya. Harus ditelusuri dulu kebenarannya,” jelas Saipul.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments