Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Society

HPI Bontang Peduli Pariwisata Bontang   Gelar Pelatihan Promosi Wisata Kreatif melalui Media Sosial dan Pemandu Wisata Lokal   

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Bontang menggelar pelatihan Promosi Wisata Kreatif melalui Media Sosial dan Pemandu Wisata Lokal. Bekerja sama dengan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) dan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB). Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (23/7) di Hotel Raodah 1, Kelurahan Api-Api.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPI Bontang, Zulkarnain menerangkan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya telah diselenggarakan di Samarinda oleh SUI dan YIAB.

“Maka saya komunikasi dengan YIAB, bagaimana jika pelatihan di Samarinda lalu, ada tindak lanjut untuk Kota Taman. Alhamdulillah, pagi ini (kemarin, red.) saya undang teman-teman yang memang bergelut di bidang pariwisata atau sering ke tempat wisata, khususnya wisata di Kota Bontang,” terang dia.

Pria yang akrab di sapa Zul itu menambahkan, adapun narasumber pelatihan di antaranya Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Training Dewan Perwakilan Daerah (DPD) HPI Kaltim, Sony Dwi Jayanto. Membawakan materi terkait “Pemandu Wisata Lokal Kota Bontang”. Serta Redaktur Pelaksana Bontang Post Muhammad Zulfikar Akbar mengenai “Promosi Wisata Kreatif Melalui Media Sosial”.

“Banyak ilmu yang perlu kita tahu bahwa pemandu wisata itu bekerja, menemani wisatawan agar wisatawan tahu informasi. Banyak teknik dan ada etika yang perlu teman-teman ketahui,” ucapnya sekaligus menginfokan bahwa ke depannya DPC HPI Bontang akan melakukan sertifikasi bagi pemandu wisata (tour guide).

Di tempat sama, Rendi Rema mewakili YIAB menjelaskan secara singkat mengenai program gagasan SUI yang telah berjalan sejak awal Oktober 2017. Melalui program bernama SME’s, Tourism, Environment Potensial, Upgrade, Program (STEP UP).

Baginya, media sosial sangatlah penting dalam hal apapun. Utamanya dalam mempromosikan pariwisata di tiap daerah. Ia pun mengimbau peserta yang hadir untuk menyematkan hastag #KALTIMWOW agar memudahkan wisatawan saat mencari destinasi wisata di Kota Taman.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca