oleh

Petani Kutim Dimanjakan Alat Pertanian Distan Hadiahi Tujuh Jenis Alsintan

SANGATTA- Para petani kembali dimanjakan oleh Dinas Pertanian (Distan). Pasalnya, mereka mendapatkan alsintan. Hal ini dimaksud untuk mendukung kemajuan di sektor pertanian. Pada triwulan kedua ini, Distan kedatangan tujuh jenis alsintan.

Alsintan adalah dua kata yang disatukan. Berasal dari istilah alat pertanian dan mesin pertanian. Keduanya, baik alat maupun mesin mempunyai perbedaan dalam bentuk, tenaga pengerak, dan proses yang dilakukan

Kepala Distan Kutim, Sugiono didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pembiayaan dan Alat Mesin Rofiqoh Istikhoroh mengatakan, alat yang tiba di halaman kantor distan  bersumber dari bantuan aspirasi Anggota DPRD Provinsi Kaltim. Yakni bantuan dana yang dikucurkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Alsintan itu meliputi traktor roda empat (TR4), traktor roda dua (TR2), transplanter, handsprayer, pompa air alat tanam Jagung (corn planter), dan terakhir cultivator.

“Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan. Alat ini nantinya kami berikan kepada petani yang membutuhkan. Sesuai dengan  permohonan masing-masing,” katanya.

Rofiqoh menjelaskan, alsintan datangnya secara bertahap. Awal minggu ketiga bulan Juli sudah mulai dibagikan ke Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), serta Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di beberapa  kecamatan.

“Semua tersebar. Ada di Kecamatan Kaubun, Karangan, Bantu Ampar, Kombeng, Kaliorang, dan Sangatta Selatan,” jelasnya.

Dia pun berharap, Gapoktan UPJA dan Poktan yang diamanahi alsintan bisa memanfaatkan sesuai fungsinya. Di antaranya dirawat dengan penuh tanggung jawab.

“Semoga dengan hadirnya alsintan di tengah para petani bisa mempermudah proses pertanian. Semoga petani mudah menggarap lahan sawah dengan alsintan. Sehingga Kutim, ke depan bisa mencapai swasembada beras,” harapnya.  (dy)

Bagikan berita ini!
  • 6
    Shares