Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

Polres Kutim Luncurkan Zero Nakoba Beri Edukasi Sekolah hingga Bentuk Kampung Bebas Narkoba

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Polres Kutai Timur bersama pihak terkait terus lakukan berbagai upaya demi mencegah penyalahgunaan narkotika di Kutim. Mengingat Kutim menjadi salah satu jalur trans Kalimantan yang sangat terbuka dan berbatasan dengan kabupaten/kota lainnya, baik melalui darat maupun laut. Keadaan ini menjadi kesempatan bagi para pelaku penyalagunaan narkotika melancarkan aksinya. Namun hal ini, tidaklah menjadi hambatan bagi Polres Kutim dalam memberantas narkoba di Kutim. Seperti disampaikan Kopolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan pada pemusnahaan barang bukti narkotika sebanyak 130,84 gram di koridor Polres Kutim, Kamis (26/7).

Teddy mengatakan, wilayah Kutim sangat terbuka untuk menjadi akses manapun juga, misalnya seperti ke Sangkulirang, Tanjung Mangkalihat, Muara Wahau, Muara Ancalong, Teluk Pandan, semuanya terbuka dan berbatas dengan kabupaten/kota luar. Namun, ini tidak menjadi hambatan bagi Polres Kutim dalam menegakkan pemberantasan narkoba. Terbukti, keseriusan itu dalam 7 bulan pihaknya sudah bisa melakukan penangkapan sebanyak 63 kasus, dengan jumlah tersangka dan barang bukti yang cukup banyak.

Dia menambahkan, ada pula langkah preventif pihaknya dalam hal tersebut, yakni dengan memiliki program unggulan, Zero Narkoba. Seperti mengadakan sekolah bebas narkoba yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Dalam kegiatan tersebut, kami memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi sejak dini akan bahaya narkoba. Sehingga saat bergaul dengan teman mereka di luar, mereka bisa menyampaikan kepada temannya bahaya narkoba,” tutur Teddy.

Kemudian, lanjut Teddy, sekarang ini telah dicanangkan juga Kampung Bebas Narkoba. Dengan adanya Kampung Bebas Narkoba itu, diharapkan bisa menjadi contoh, bahwa kampung tersebut betul-betul bebas narkoba. Serta masyarakat diharapkan benar-benar bersemangat untuk membasmi narkoba di kampungnya.

“Kegiatan lainnya, ada duta narkoba. Duta narkoba ditampilkan dari kalangan muda, agar bisa menjadi contoh atau role model bagi para pemuda yang lainnya. Sehingga pemuda – pemuda lainnya juga punya  inisiatif untuk  selalu menjauhi narkoba,” tutupnya. (hms15/ver)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca