Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Kelurahan Bontang Kuala Luncurkan Inovasi “Simpel Mas”  Permudah Pengurusan SKTM dan Pengantar Nikah

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Inovasi pelayanan terus diluncurkan Kelurahan Bontang Kuala. Terbaru, mereka meluncurkan pelayanan berbasis online bernama Sistem Informasi Pelayanan Pemberdayaan Masyarakat atau yang disingkat “Simpel Mas”.

Inovasi ini diinisiasi Syawaluddin, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bontang Kuala yang saat ini juga sedang menyusun dan merealisasikan proyek perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XVIII Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara di Samarinda.

Syawaluddin mengatakan, aplikasi ini dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk mempercepat pelayanan masyarakat dalam proses pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan Surat Pengantar Nikah. Data pemohon tinggal dimasukkan ke dalam aplikasi, kemudian bisa langsung diterbitkan tanpa proses yang cukup lama. Di satu sisi, proses pengarsipannya juga lebih rapi dibandingkan tidak menggunakan sistem “Simpel Mas”.

“Aplikasi ini bisa diterapkan secara online maupun offline,” ujarnya kepada Bontang Post.

Adanya inovasi ini, Kelurahan Bontang Kuala pun turut mendapat dukungan baik dari Kecamatan Bontang Utara maupun Pemkot Bontang. Hanya saja karena saat ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga kata dia, untuk sistem online masih harus dia koordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) serta Bagian Hukum Pemkot Bontang.

“Harapannya semoga sistem online Simpel Mas bisa segera diaplikasikan dalam pelayanan di Kelurahan Bontang Kuala sehingga dapat lebih memudahkan masyarakat untuk mengurus SKTM dan surat pengantar nikah bagi calon pengantin,” pungkasnya. (bbg)

Advertisement
Comments