oleh

Material SIM Datang 2 Pekan Lagi Sempat Kosong, Polres Terbitkan Suket

BONTANG – Setelah satu bulanan material SIM habis, awal Agustus atau dua pekan lagi, material SIM akan kembali tersedia di Polres Bontang.

Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti melalui Kasat Lantas Polres Bontang AKP Irawan Setyono mengatakan, terkait dengan penerbitan SIM untuk sementara materialnya kosong karena terjadi keterlambatan pengiriman. “Kekosongan ini terjadi di semua Polres, dan kami sudah mengajukan ke Dirlantas. Selasa (24/7) lalu kami sudah mendapat pengarahan dari Direktur Regident Korlantas Polri yang akan segera dilakukan pengiriman material,” jelas Irawan saat ditemui di ruangannya, Kamis (26/7) kemarin.

Dari penjelasan Korlantas Polri, sekira dua pekan lagi, material SIM akan dikirim ke masing-masing Polres seluruh Indonesia. Sehingga, kemungkinan pertengahan Agustus sudah ada material tersebut.

Sementara itu untuk Kaltim, dikatakan Irawan akan dilakukan subsidi dari polres lain yang material SIM-nya berlebih. “Untuk teknisnya nanti dari Korlantas dan Polda Kaltim yang akan menyusun mekanisme pengiriman itu,” ujarnya.

Untuk pelayanan SIM di Polres Bontang, Irawan mengatakan tetap dibuka normal seperti biasanya. Namun dalam penerbitannya diberikan surat keterangan (suket) untuk digunakan sementara. “Penerbitan suket sementara ini diberikan kepada yang melakukan perpanjangan ataupun pembuatan SIM baru,” ungkapnya.

Nantinya lanjut dia, setelah ketersediaan material SIM sudah ada, maka pihaknya akan mengumumkan melalui media sosial maupun pesan singkat kepada pemohon yang memegang suket. “Material SIM ini habis di tanggal 24 Juni 2018 lalu. Ketika persedian material tersisa 2,5 persen, sebenarnya kami sudah mengajukan permohonan, tetapi memang di pusat ada keterlambatan lelang,” kata Irawan.

Biasanya, stok material SIM di Polres Bontang disediakan sebanyak 1.000 keping. Dan semenjak kosong, sudah sebanyak 1.000 an suket juga yang diterbitkan, baik perpanjangan maupun pembuatan baru. “Kami belum tahu jumlah material yang akan datang karena kami disubsidi, dan ada polres-polres yang besar seperti Samarinda dan Balikpapan,” ujarnya.

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares