Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Kesejahteraan Guru Jadi Prioritas Hadi: Anggaran Mendukung, Gaji Bisa Tiga Kali Lipat

Published

on

Dibaca normal 3 menit

BREAKER: “Kami akan tingkatkan gaji guru. Kalau disetarakan itu namanya janji. Kita enggak boleh janji. Ada duit, kita tingkatkan. Kalau daerah kita kaya, jangankan UMP, tiga kali UMP pun bisa diberikan.” Hadi Mulyadi (Wakil Gubernur Kaltim Terpilih)

SAMARINDA – Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim terpilih Isran Noor-Hadi Mulyadi berjanji akan meningkatkan gaji guru honorer di Benua Etam. Bahkan ke depan, jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melebihi target, gaji guru honorer dapat ditingkatkan melebihi Upah Minimum Provinsi (UMP).

Hadi Mulyadi menyebut, kesejahteraan guru sudah menjadi wacananya bersama Isran Noor sebelum terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur. Sebab itu menjadi salah satu indikator kemajuan pendidikan di Kaltim. Karenanya di awal menjalankan tugas, keduanya akan mengupayakan peningkatan gaji guru.

“Kami akan tingkatkan gaji guru. Kalau disetarakan itu namanya janji. Kita enggak boleh janji. Ada duit, kita tingkatkan. Kalau daerah kita kaya, jangankan UMP, tiga kali UMP pun bisa diberikan,” ucapnya, Rabu (25/7) lalu.

Peningkatan gaji guru tersebut, lanjut Hadi, akan disesuaikan kemampuan keuangan daerah. Sebab gaji guru honorer yang mengajar di SMA/SMK Negeri yang sebelumnya dikurangi, terjadi karena pemerintah provinsi belum sanggup memberikan gaji sesuai UMP.

“Karena perpindahan kewenangan dari kabupaten/kota ke provinsi itu tidak selamanya bisa menjawab tuntutan guru. Anggaran tidak mendukung. Apalagi beberapa tahun ini APBD kita menurun,” tutur Hadi.

Meski begitu, ke depan bukan tidak mungkin gaji guru dapat ditingkatkan. Isran Noor lewat pengalamannya di Kutai Timur (Kutim) telah membuktikan bahwa guru honorer mendapatkan insentif yang layak.

“Kan beliau sudah lakukan di Kutim. Guru, pembina agama, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian, dulu semuanya dikasih insentif. Nanti itu akan dijadikan program di provinsi,” bebernya.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments