Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

455 Calhaj Dilepas ke Tanah Suci  Jemaah Diminta Fokus Jalani Ibadah

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SAMARINDA – Sebanyak 455 jemaah calon haji (calhaj) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 di Asrama Haji Batakan Embarkasi Balikpapan, Jumat (27/7) kemarin, telah dilepas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Guna kelancaran selama proses haji, para calhaj diminta fokus menjalani ibadah haji.

Permintaan itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, Meiliana saat melepas langsung para calhaj kemarin. Menurut dia, ibadah haji berbeda dengan umrah. Begitupun dengan pelaksanaannya sudah diatur Kementerian Agama (Kemenag) sejak awal keberangkatan, kegiatan amaliah (ibadah) hingga kembali ke tanah air.

“Jadi saya ingatkan para jemaah setelah sampai di sana jangan sibuk ber-selfie dan belanja. Tapi kuatkan niat awal semata-mata untuk ibadah,” kata Meiliana.

Meiliana mengingatkan para jemaah calhaj agar memahami dan mengikuti tata aturan kegiatan yang telah dibuat panitia penyelenggara haji. Terlebih menaati tata tertib dan disiplin calhaj selama menjalankan ibadah haji dengan menuruti dan memperhatikan arahan panitia yang mengurusi jemaah. Termasuk imbauan dan informasi yang disampaikan petugas haji melalui ketua rombongan dan ketua regu masing-masing.

Sebab diakuinya, tidak sedikit jemaah calhaj yang menggunakan waktunya tidak semata untuk ibadah tetapi untuk jalan-jalan (rekreasi) dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Akibatnya mengganggu ibadah dirinya juga teman-teman satu rombongan bahkan merepotkan panitia dan petugas, karena tersesat maupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pokoknya mulai saat ini (mau berangkat) hingga sampai di Madinah ataupun Makkah terus ikuti instruksi dan arahan pimpinan regu dan rombongan. Jaga stamina dan kesehatan untuk selalu makan dan minum serta istirahat seperlunya sesuai anjuran dokter dan petugas kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kaltim, Sofyan Noor menyebutkan, Embarkasi Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan 5.785 calhaj plus 65 petugas haji terbagi dalam 13 kloter. “Embarkasi Balikpapan melayani pemberangkatan jemaah calhaj dari empat provinsi yakni Kaltim, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara,” ujarnya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments