oleh

Diskes Kutim Pahamkan Cara Penggunaan Obat di Masyarakat Cegah Penyalahgunaan Obat-obatan

Minimnya pengetahuan masyarakat tentang obat-obatan, membuat Dinas Kesehatan Kutim berinisiatif mensosialisasikan pengetahuan tersebut. Agar jangan sampai, masyarakat salah dalam mempergunakan obat-obatan, walaupun didapat dari pusat pelayanan kesehatan.

—————

Dinas Kesehatan Kutim mulai mensosialisasikan gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat). Adapun pesertanya diantaranya, para  apoteker dan petugas posyandu, Pengerak PKK, mahasiswa, hingga Karang Taruna.

Kepala Dinkes Kutim Bahrani Hasanal  menjelaskan, sosialisasi ini penting dilakukan, agar masyarakat paham cara pengunaan obat. Menyimpan hingga membuang dengan benar.

Khususnya obat bebas yang jika salah penggunaan dapat menyebabkan dosis berlebihan dan durasi tidak tepat hingga efek samping.

Dirinya mengungkapkan, dari hasil riset kesehatan dasar (Riskedas) tahun 2013, 35,2% rumah tangga menyimpan obat untuk pengobatan mandiri (swamedikasi). Kemudian sekitar 35,7% obat yang disimpan adalah obat keras dan antibiotik.

“86,1% antibiotik yang disimpan itu diperoleh tanpa resep,” katanya saat menyampaikan kepada peserta di Gedung Wanita, kemarin.

Lebih lanjut, untuk menyampaikan hal itu dibutuhkan dukungan semua pihak. Bukan hanya apoteker dan tenaga kesehatan saja, akan  tetapi  masyarakat dan akademisi yang memberikan pendidikan secara konsisten.

Bisa dengan strategi edukasi seperti Cara Belajar Insan Aktif (CBIA). Dapat pula strategi komunikasi dan publikasi, yakni dengan penyebaran infomasi dan kampanye lewat media cetak dan elektronik.

“Serta optimalisasi peran tenaga kesehatan dengan melakukan orientasi dan sosialisasi,” tegasnya.

Kegiatan digelar dua hari. Diisi dengan pembekalan, sosialisasi hingga praktek implementasi. Sebagai nara sumber adalah Kepala Bidang sumber daya kesehatan Dinkes Prov Kaltim, Asaf Diolo.

Asaf Diolo menjelaskan, masyarakat harus tahu dan mengenal obat yang digunakan. Mulai dari penggolongan obat yang terdiri dari nama obat dan bentuk.

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
loading...