oleh

Alsintan Mulai Didistribusikan ke Kelompok Tani

SANGATTA- Dinas Pertanian (Distan) Kutim mulai membagikan alat-alat pertanian (alsintan) kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan). Alsintan ini diserahkan, Sabtu, (28/7) lalu di Halaman Kantor Distan. Para petani pun mengucapkan syukur atas bantuan ini.

Satu mesin pompa air dan alat tanam diberikan di Kecamatan Rantau Pulung. Pertama bantuan pompanisasi diberikan ke Poktan Sumber Mulyo di Desa Mukti Jaya.

Warga yang menerima pun senang atas perhatian dari pemerintah. Ketua Poktan Sutaman berharap, dengan bantuan pompa ini para petani bisa lebih mudah mengairi areal persawahan, khusus saat musim kemarau melanda.

“Kami bisa menyedot air untuk sawah waktu musim kering,” ujar Sutaman.

Sedangkan Poktan Green Agri yang mendapat mesin alat tanam padi sawah (rece transplanter) tidak kalah gembiranya.

Ketua Kelompok Tani, Joko mengatakan, dengan transplanter yang diterima, dapat  menghemat waktu penanaman dan mengurangi biaya.

“Selain hemat waktu, biaya upah penanaman jadi berkurang,” katanya.

Sementara itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Sumunaringtias Pratiwi, yang mendampingi para poktan berharap, dengan adanya bantuan alsintan ini, petani dapat mempergunakan dengan maksimal. Sehingga hasil yang didapat juga melimpah.

“Semoga penanaman bisa  seragam dan serentak,” katanya.

Kepala Distan Kutim Sugiono, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembiayaan dan alat mesin Rofiqoh Istikhoroh, meminta gapoktan, UPJA, dan poktan yang diamanahi alsintan bisa memanfaatkan sesuai fungsinya. Yakni merawat dengan penuh tanggung jawab.

“Semoga dengan hadirnya alsintan di tengah para petani bisa mempermudah proses pertanian. Semoga petani mudah menggarap lahan sawah dengan alsintan. Sehingga Kutim ke depan bisa mencapai swasembada beras,” harapnya. (dy)

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares