oleh

Parpol Kesulitan Cari Figur Caleg Mayoritas Terhalang Aturan Keterwakilan Perempuan

BONTANG – Berdasarkan data pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pemilu legislatif di Bontang tahun depan, lima partai politik (parpol) tak mengisi penuh slot bacaleg. Di antaranya Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang Suardi mengatakan, partai tidak diwajibkan mengisi penuh slot di tiap daerah pemilihan (dapil). Namun secara regulasi, hanya mengatur keterwakilan perempuan minimal 30 persen. “Kalau tidak memenuhi slot tidak menggugurkan partai di tiap dapil. Namun keterwakilan bacaleg harus 30 persen itu wajib,” kata Suardi kepada Bontang Post belum lama ini.

Menurut Suardi angka keterwakilan perempuan dihitung berdasarkan jumlah bacaleg yang diajukan. Bukan dari total slot yang tersedia. “Misalnya di Bontang Barat hanya mengajukan satu bacaleg perempuan, itu tidak masalah,” paparnya.

Jumlah bacaleg paling sedikit didaftarkan oleh Partai Garuda. Partai politik yang berdiri pada tahun 2015 ini hanya menyerahkan lima kadernya. Rinciannya Bontang Selatan dua dan Bontang Utara tiga bacaleg. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Garuda M Tamrin mengaku kesulitan mendapatkan figur atau tokoh, sehingga kuota kursi 25 calon tidak dapat digenapi. “Kami sudah mencari. Banyak figur, tetapi tidak ada yang mau bergabung dengan kami,” kata Tamrin.

Bahkan untuk dapil Bontang Barat tidak mengajukan bacalegnya dikarenakan susah mencari figur perempuan. Tamrin mengaku sudah ada tiga pelamar sebelumnya, akan tetapi kesemuanya laki-laki. Alhasil ketiganya dibatalkan. “Karena tidak ada perempuan maka kami tidak ajukan,” imbuhnya.

PBB hanya mendaftarkan 19 bacaleg. Rinciannya 10 di Bontang Selatan dan sembilan bacaleg Bontang Utara. Artinya untuk dapil Bontang Barat, partai yang diketuai Yusril Ihza Mahendra ini memilih absen.

Hal serupa juga dilakukan oleh PSI. Untuk dapil Bontang Barat, partai ini hanya mendaftarkan satu bacaleg. Untuk memenuhi persyaratan maka bacaleg tersebut ialah perempuan. Sementara dapil Bontang Selatan pun minus satu dari 10 slot yang tersedia. Akan tetapi di Bontang Utara 11 bacaleg dapat terisi.

Partai Perindo mengajukan sembilan bacaleg di Bontang Selatan dan Bontang Utara. Serta tiga di Bontang Barat. Sementara PKS hanya menyisakan satu slot di Bontang Selatan. Adapun Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) memilih tidak mendaftarkan bacalegnya. (ak)

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares
loading...