Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Olahraga

Renang dan Senam Tidak Dipertandingkan

Published

on

Dibaca normal 1 menit

KEPUTUSAN mengejutkan terjadi pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kaltim. Pasalnya terdapat dua cabang olahraga (cabor) yang tidak dipertandingkan di ajang olahraga tingkat pelajar dua tahunan tersebut. Keduanya ialah renang dan senam.

Arwan Admin Popprov Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Bontang mengatakan batalnya kedua cabor diputuskan saat rapat dengan pihak penyelenggara beberapa hari lalu. “Diputuskan ada dua cabor yang tidak dipertandingkan yakni senam dan renang,” kata Arwan saat ditemui Bontang Post di ruang kerjanya, Jumat (27/7).

Pada popprov sebelumnya di Kutai Kartanegara, kedua cabor ini dilaksanakan. Saat itu 10 medali berhasil direbut oleh atlet Bontang. Rinciannya untuk cabor senam memperoleh satu medali perunggu. Sementara renang membawa pulang tiga medali perak dan enam perunggu.

Dikatakan Arwan, cabor yang dipertandingkan dalam popprov secara otomatis mengacu pada pekan olahraga pelajar nasional (popnas). Hal ini terkait kesiapan venue pertandingan sehubungan lokasi pelaksanaan digelar di Papua, tahun depan.

“Muaranya pasti popnas. Karena yang menang di popprov akan mewakili Kaltim ke Papua tahun depan,” ucapnya.

Jadi tidak dihelatnya pertandingan dua cabor tersebut bukan dikarenakan venue di Samarinda selaku tuan rumah popprov tidak siap. Mengingat secara kesiapan venue Samarinda tidak perlu diragukan karena pernah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) sepuluh tahun silam.

Dua cabor baru juga ikut dihelat dalam popprov tahun ini yakni tarung derajat dan catur. Kontingen Bontang hanya dipastikan mengikuti tarung derajat, sementara untuk catur Bontang kali ini absen mengirimkan atletnya. (ak)