oleh

Pemkab Siap-Siap Pindah Lokasi Bandara Buntu Masalah Perizinan Lahan, Tanjung Bara Kemungkinan Terbesar

SANGATTA – Perjuangan Pemkab Kutim melepas Kawasan Bandara Sangkima dari Taman Nasional Kutai (TNK) beralih menjadi Areal Penggunaan Lain (APL) cukup melelahkan. Menjalani tiga masa kepemimpinan, dari Isran Noor, Ardiansyah Sulaiman, hingga Ismunandar. Dengan susah payah, akhirnya TNK direbut menjadi APL.

Secara logika, untuk menuju tahap selanjutnya, akan lebih mudah. Pembangunan bandara semakin jelas. Sebab, TNK lah sebelumnya menjadi penghalang utama pembangunan di dua kecamatan tersebut. Yakni Sangatta Selatan dan Teluk Pandan.

Namun fakta berkata lain. Ternyata, semakin sulit. Kian berbelit-belit. Pusat terkesan mempersulit. Perizinan hingga saat ini tak didapatkan. Padahal ikhtiar  sudah dilakukan berjuta cara. Mulai dari melakukan komunikasi secara langsung maupun tidak. Terakhir tim pembebasan dibentuk. Hasilnya masih buntu.

Pemkab Kutim mulai putus asa. Nampaknya enggan terus mengemis di tanah sendiri. Jika terus berharap dengan status abu-abu, maka masyarakat yang menjadi korban.

Karenanya, Pemkab Kutim berniat mencari jalan sendiri. Yakni melepas tanah sengketa di Pertamina Sangatta Selatan, dan beralih ke lokasi lain. Belum diketahui pasti lokasi yang dimaksud. Namun besar dugaan di Tanjung Bara.

Bupati Kutim Ismunandar menyatakan, keinginan tersebut masih sekedar wacana. Jika sudah tak dimungkinkan, terpaksa mencari alternatif lain yakni memindah lokasi bandara.

“Rencana pembangunan Bandara Sangkima akan tetap diupayakan. Proses yang sudah lama terus berjalan. Mulai dari penyelesaian masterplan sampai studi kelaikan dan lainnya.  Bila bisa dialihkan pembangunan bandara tersebut, maka akan dipindahkan ke kawasan Tanjung Bara,” katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim, sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bandara Sangkima Teguh BS menyatakan, persoalan lahan yang bersangkutan dengan kawasan TNK itu membuat progres pembangunan Bandara Sangkima terhambat. Persoalannya tak kunjung selesai.

Bagikan berita ini!
  • 18
    Shares
loading...