Pemutahiran dan Validasi Data Guna Perbaiki Data Penerima

SANGATTA – Upaya Pemerintah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kutim dalam menyalurkan beras miskin (raskin), terus ditingkatkan. Salah satunya dengan memperbaiki atau meluruskan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurut Kadinsos Kutim, Jamiatulkhair Daik, banyak ditemukan kendala saat pendistribusian raskin, seperti salah sasarannya penerima beras tersebut.

“Memang banyak kami temui  di lapangan, yang berhak malah tidak dapat,” ujarnya dalam coffee morning, Senin (30/7).

Dirinya menyatakan, ke depannya akan melakukan pemutakhiran dan validasi data. Guna memperbaiki data penerima, agar tak lagi salah sasaran. Pasalnya masih banyak kecamatan yang mengeluhkan hal tersebut.

“Ada penggantian data nanti, tapi masuk Basis Data Terpadu (BDT). Kami menyurati kementerian dan diperbolehkan merubah data, asal pakai SK Bupati,” tuturnya.

Adapun kecamatan yang bermasalah ialah,  Rantau Pulung dan Sandaran. Sehingga dirinya menurunkan langsung petugas untuk mengecek lapangan.

“Di Rantau Pulung camatnya minta setop distribusi dulu. Karena permasalahan data dan penyaluran yang tidak sesuai,” paparnya.

Tidak hanya di daerah tersebut, kendalapun dialami Kecamatan Sandaran. Menurutnya, pendistribusian tidak dapat dilakukan rutin perbulan. Pasalnya kondisi medan yang tidak memadai. Sehingga camatnya langsung membuat surat dan diberikan keringanan oleh kementerian.

“Gelombang perairan sempat tinggi, jadi camatnya bersurat sehingga diberikan keringanan dan dimaklumi,” pungkasnya. (*/la)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept