oleh

Bupati: Doakan Kutim agar Berkah 183 Calhaj Kutim Diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan

SANGATTA – Senin (30/7) kemarin, 183 calon jemaah haji (calhaj) Kutim dilepas oleh Bupati Kutim, Ismunandar di Masjid Agung Al Faruq, Perkantoran Bukit Pelangi. Sekira pukul 07.00 wita, calhaj mulai diberangkatkan.

Dalam wejangannya, mantan Sekda Kutim itu menitipkan pesan sakral kepada semua jemaah. Bupati meminta jemaah mendokan Kutim dan masyarakatnya agar menjadi berkah dan selalu dilindungi Sang Pencipta.

“Mohon doanya untuk Pemkab Kutim dalam kegiatan pemerintahan selalu diberkahi dan dilindungi oleh Allah,” ujar Ismu.

Pesan lainnya, bupati mendoakan agar semua calhaj menjadi haji mabrur. Tak lupa pula dia meminta kepada calhaj, agar selalu berjemaah. Terpenting mengikuti arahan pemandu. Sehingga tak tersasar seperti yang diberitakan selama ini.

“Jangan sampai lepas dari rombongan, harus melekat terus sama tim pemandu daerah biar gak kesasar. Kami pemerintah daerah mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji, mudah mudahan menjadi haji mabrur dan selamat, sehat sampai kembali ke Kutim,”  katanya.

Kepala Kemenag Kutim, Ambotang melaporkan total seluruh jemaah ialah 180 orang. Akan tetapi ditambah tiga orang dari kuota Provinsi Kaltim sebanyak 3 orang, sehingga menjadi 183 orang.

Katanya, menunaikan rukun Islam yang  ke lima ini merupakan kewajiban bagi yang mampu. Dengan begitu, mereka yang berangkat ini merupakan orang-orang pilihan. Sebab, tak semua orang dapat berangkat ke tanah suci. Baik karena faktor biaya, kesehatan, maupun faktor lainnya.

“Jemaah bergabung kloter 4 embarkasi balikpapan yang diketuai oleh Kepala KUA,” katanya.

Di akhir acara, bupati mengalungkan sorban ke beberapa jemaah. Tanda jemaah siap berangkat dan pulang membawa gelar haji. (dy)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share