oleh

Resmi Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Kaltim, Samsun Janji Perbaiki Kehadiran Legislator di Karang Paci

SAMARINDA – Muhammad Samsun secara resmi diambil sumpahnya sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim, Senin (30/7) kemarin. Selama menjabat sebagai pimpinan dewan, anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu berkomitmen mendorong peningkatan kehadiran wakil rakyat dalam setiap sidang di Gedung Karang Paci, sebutan DPRD Kaltim.

Seperti diketahui, tingkat kehadiran anggota DPRD Kaltim dalam setiap sidang paripurna kerap kali menjadi masalah. Bahkan muncul dugaan, bahwa daftar kehadiran wakil rakyat acap kali diselewengkan demi memenuhi syarat kuorum.

Karenanya, Samsun ingin ke depan ada perbaikan dan peningkatan partisipasi anggota dalam setiap sidang. Terlebih masa kerja DPRD Kaltim 2014-2019 akan segera berakhir.

“Harus ada perbaikan. Semakin kemari, mestinya kinerja kita semakin baik. Karena kita sama-sama mewakili dan diberi amanah oleh masyarakat. Saya pikir, teman-teman bertanggung jawab kok untuk itu,” katanya.

Saran Samsun, ke depan jika ada anggota DPRD yang tidak hadir dalam sidang, harus ada keterangan dari yang bersangkutan. Sehingga ketika mereka mangkir dalam setiap sidang memiliki alasan yang kuat.

“Kalaupun memang tidak hadir, ada alasan yang jelas. Jadi tidak bisa ditinggal begitu saja. Enggak bisa hadir harus disertai dengan keterangan. Semua harus bertanggung jawab untuk itu,” tuturnya.

Disinggung pelaksanaan sidang paripurna yang tidak kuorum, namun tidak ditunda oleh pimpinan sidang, Samsun mengatakan, kondisi demikian bergantung jenis sidang paripurna yang dilaksanakan DPRD Kaltim.

“Aturan paripurna kan macam-macam. Paripurna pengambilan keputusan, maka harus kuorum. Tetapi kalau bukan pengambilan keputusan, tidak harus kuorum,” tegasnya.

Selain itu, anggota Komisi III DPRD Kaltim itu berkomitmen melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil ketua. Serta fungsi-fungsi pimpinan sesuai bidang yang diberikan.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share