Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Hoaks atau Tidak?

Posting Tulisan dan Foto HRS Hilang?

Published

on

Dibaca normal 1 menit

PADA 24 Juli akun Twitter Haikal Hassan Baras @haikal_hassan mem-posting sesuatu yang menggelikan. Dia mempertanyakan kenapa ketika ada netizen yang menuliskan nama lengkap disertai foto Habib Rizieq Shihab di media sosial akan terhapus semua.

“Coba tulis nama lengkap, sertai photo HRS di Twitter, fb, Ig… lalu apa yg terjadi? Semua terhapus. Siapa yang bisa hapus? siapa yang suruh hapus? beliau koruptor? teroris? penjahat? pembunuh? No chat hoax terbukti fitnah. beliau keluarga pahlawan. setia NKRI. setia Pancasila WHY?”. Begitu tulis Haikal.

Status itu aneh memang. Sebab, banyak yang mengunggah nama dan foto Rizieq juga aman-aman saja. Kalau tidak percaya, searching saja di fasilitas pencarian yang ada di media sosial. Entah itu Twitter, Facebook, atau Instagram. Masih ada beberapa netizen yang mengunggah status dengan menuliskan Habib Rizieq Shibab. Kalau dihapus, otomatis tak akan muncul di hasil pencarian.

Tapi, untuk membuktikan keanehan status itu, Jawa Pos coba membuat status. Isinya nama Habib Rizieq Shihab plus foto pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut. Posting-an itu kami uji cobakan pada akun yang masih baru dan akun yang sudah lama. Hasilnya, aman-aman saja. (gun/c10/fat)

Advertisement
Comments