oleh

Pupuk Kaltim Bersama Diskop-UKMP Gelar Pelatihan Manajemen Koperasi   Dukung Pembentukan Badan Usaha Koperasi Kube Mekar Sari  

BONTANG – PT Pupuk Kaltim melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) terus berkomitmen dalam memberdayakan masyarakat untuk menjadi mandiri. Dalam upaya memandirikan masyarakat, Pupuk Kaltim telah melakukan berbagai pembinaan dalam sektor usaha yang ada di masyarakat.

Seperti Selasa (31/7) kemarin, Pupuk Kaltim bersama Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (Diskop-UKMP) menggelar Pelatihan Manajemen Koperasi bagi kelompok Mekar sari Guntung. Sebanyak 23 anggota kelompok Mekar Sari mengikuti pelatihan yang digelar di Rumah Produksi Pupuk Organik Kompos, Jalan Tari Gantar, RT 7 Kelurahan Guntung.

Superintendent Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR Pupuk Kaltim, Udiyanto dalam sambutannya menerangkan salah satu sektor usaha yang menjadi perhatian adalah wirausaha. Dengan berwirausaha, mitra binaan akan menunjang ekonomi keluarga dan pemerintah.

Salah satu bentuk kewirusahaan dengan membentuk kelembagaan usaha seperti koperasi. Saat ini, kelompok Kube Mekar Sari mulai berkembang dan memiliki peluang usaha positif. “Sangatlah penting untuk meningkatkan keberadaan kelompok menjadi kelembagaan usaha berbentuk koperasi, agar dapat mengembangkan usahanya secara lebih baik dan memiliki daya saing tinggi,” ucapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk badan usaha koperasi bagi kelompok Mekar Sari agar memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis. Sehingga dapat mengembangkan usahanya secara lebih baik dan memiliki daya saing tinggi.

“Tujuan lain pelatihan tersebut untuk menjelaskan lingkup manajemen administrasi dan keuangan perkoperasian sebagai bagian ilmu pengetahuan yang harus diterapkan dalam mengelola sebuah badan usaha koperasi,” kata Udiyanto.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Diskop-UKMP, Yusran mendukung penuh upaya Pupuk Kaltim membentuk koperasi bagi Kube Mekar Sari. Dalam sambutannya, Yusran mewanti-wanti langkah awal pembentukan koperasi ini.

“Sebelum membentuk koperasi itu lihat niatnya dulu. Karena kalau sudah dibentuk, membubarkan koperasi itu sangat susah,” ujarnya.

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
loading...