oleh

Minta Jemaah Fokus Ibadah, Jatah Makan Ditingkatkan Peningkatan Pelayanan para Calon Jemaah Haji

Kementerian Agama (Kemenag) Kutim meminta kepada para jemaah yang menunaikan ibadah haji, agar fokus beribadah di tanah suci. Semua rangkaian haji dijalankan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasulnya.

—————

Kemenag berjanji akan meningkatkan pelayanan seperti di bimbingan haji, hingga layanan calhaj menuju embarkasi. Hal itu dilakukan untuk menyertai peningkatan layanan katering oleh pemerintah pusat di musim haji 2018. Dari 60 kali jatah makan kini menjadi 75 paket.

Kepala Kemenag, Ambotang menjelaskan, usaha peningkatan kualitas layanan bagi jemaah haji dilakukan sebagai penunjang agar pelaksanaan ibadah lebih fokus.

“Jadi jemaah tidak memikirkan yang lain. Fokus ibadah saja,” pinta Ambotang, kemarin.

Selain itu, dirinya mengimbau agar calhaj Kutim tetap memperhatikan kondisi tubuh, dengan istirahat yang cukup dan memperbanyak asupan buah-buahan agar badan tetap fit. Khusus jelang wukuf, diminta tak terlalu banyak keluar hotel. Sebab,  saat itu dalam keadaan padat. Bus selawat pun dihentikan pada saat itu.

“Begitu juga dengan jasa katering dihentikan juga.  Yakni dua hari sebelum wukuf, mulai 6-7 zulhijah dan setelah pulang dari Mina tepat 14-15.  Karena padatnya jemaah, sehingga tidak memungkinkan untuk distribusi makanan,” terangnya.

Seperti dikutip dari laman Setkab RI, Kasubdit Katering Haji Kemenag RI Abdullah Yunus, di Hotel Mariot Medan, beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa tahun ini 75 kali layanan katering. 40 kali makan di Makkah,  sekali di bandara, 18 kali di Madinah, dan 16 kali saat fase puncak haji di Arafah-Muzdalifah-Mina atau Armina.

Kemudian, jemaah hanya lima hari tidak mendapat layanan katering, yaitu pada tanggal 5-7 Zulhijah serta 14-15 Zulhijah. Untuk itu hendaknya jemaah tidak menunda makan saat layanan katering sudah diterima.

Bagikan berita ini!