Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Perusahaan Bantah Jumlah TKA Ratusan 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

Manajemen proyek pembangunan PLTU 2×100 MW di Teluk Kadere, Bontang Lestari  membantah telah memperkerjakan ratusan tenaga kerja asing (TKA). Sigit Wibowo, Custruction Manager PT D&C Engineer Company mengaku hanya merekrut tujuh tenaga asing asal Tiongkok.

“Data yang kami sampaikan kepada DPMTK-PTSP benar adanya, hanya tujuh orang tenaga asing,” kata Sigit usai bertemu dengan para demonstran, Selasa (1/8) kemarin.

Bahkan ia menyebut jikalau isu TKA menduduki jabatan sekelas Divisi Sumber Daya Manusia atau Human Resources Departement (HRD) tidak benar. Dikatakannya, paling rendah tenaga asing tersebut menjabat posisi surveyor.

“Itu miss komunikasi dari isu yang berkembang. Kalau mau diperiksa bisa datang ke kantor,” ujarnya.

Dipaparkan Sigit, di perusahaannya terdapat beberapa divisi. Mulai dari divisi sipil, mekanik-eletrik, Health Safety Environment (HSE), general electric (GE), cost control, dan purchasing (pembelian material). “Hanya departemen mekanik-eletrik yang banyak tenaga Tiongkoknya,” ulasnya.

Sehubungan dengan kabar dipulangkannya beberapa TKA, Sigit menuturkan bukan dari perusahaannya. Dikarenakan perusahaannya mewajibkan pengurusan Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (Imta). Sepengetahuannya, tenaga asing yang dimaksud hendak mengerjakan pembuatan pangkalan kecil atau jetty.

“Kemarin ada yang rencana tidak memakai Imta sudah kami tegur keras. Dengan cara kerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI,” ungkapnya.

Saat ini, di divisi sipil dari enam tenaga kerja, tiga berasal dari lokal dan tiga berasal dari luar Bontang. Sementara untuk divisi mekanik-elektrik membutuhkan enam tenaga kerja lokal dalam waktu dekat. Sigit berujar saat ini jumlahnya masih satu orang saja di divisi tersebut.

Proyeksi ke depan, baik PT D&C Engineer Company maupun subkontraktor di bawahnya membutuhkan total 1.200 tenaga kerja. Dikatakannya penggunaan TKA di bawah 15 persen dari total rencana karyawan. Sementara untuk penggunaan tenaga lokal direncanakan menyentuh angka 70 persen. Untuk PT D&C Engineer Company akan menambah 45 tenaga kerja lokal lagi.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments