oleh

WASPADA!!! Kejahatan Jalanan “Hantui” Kota  Tepian  Curanmor hingga Pembegalan Mendominasi 

SAMARINDA – Kasus kejahatan jalanan seperti tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ataupun aksi pembegalan, masih menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat Samarinda. Pasalnya dalam ungkap kasus yang dilakukan Polres Samarinda selama beberapa bulan terakhir, kasus tersebut terbilang masih cukup dominan.

Kapolres Samarinda, Kombes Pol Vendra Riviyanto mengatakan, data ungkap kasus kejahatan jalanan selama beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan. Terutama dalam ungkap kasus curanmor atau aksi pembegalan.

Beberapa titik lokasi atau daerah yang rawan adalah Samarinda Ulu, Samarinda Seberang, Samarinda Utara, dan Sei pinang. Waktu tindak kejahatan ini pun beragam, bisa pagi, siang atau sore hari.

Kepada awak media, Vendra pun tidak mengelak jika pelaku tindak kejahatan di jalanan ini ada kemungkinan merupakan komplotan. Bahkan kebanyakan dari para pelaku rata-rata adalah para residivis.

Dalam upaya penungkapan sendiri, disebutkan Vendra, ada di antara pelaku kejahatan yang melawan dan ada berusaha melukai petugas. Untuk kasus seperti itu, mau tidak mau pihak kepolisian harus menggunakan peluru tajam untuk melumpuhkan pelaku. Usia para tersangka pun bervariasi. Dari dewasa hingga anak-anak.

“Bahkan di Sei Kunjang ada pelaku tindak pencurian kendaraan roda dua (R2) yang masih di bawah umur, namun tidak kita hadirkan sendiri karena ada kode etiknya sendiri,” ucap Vendra dalam konferensi pers, Rabu (1/8) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Vendra juga menunjukan 24 tersangka dari berbagai kasus kejahatan. Baik kasus narkoba, curanmor, dan pencurian dengan kekerasan (curas), termasuk sejumlah barang bukti kasus seperti handphone, kabel, kendaraan R2, serta obat terlarang. (*/dev)

DATA UNGKAP KASUS KEJAHATAN
POLRES SAMARINDA BULAN JULI 2018

KASUS                                   TERSANGKA TKP                 BB

Curanmor                                 8                                  28                    21 R2

Bagikan berita ini!
  • 10
    Shares
loading...