oleh

Upaya Hukum Tak Batalkan Keputusan BK  Terkait Sokhip, Gerindra Disarankan Segera PAW 

SAMARINDA – Keputusan Badan Kehormatan DPRD Kaltim yang memberhentikan Sokhip tidak dapat dibatalkan. Meskipun anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengambil langkah hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Hal itu disampaikan pengamat hukum dan politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Herdiansyah Hamzah, Rabu (1/7) kemarin. Pasalnya, rekomendasi BK tersebut mesti dilaksanakan. Sebab tidak boleh ada status quo selama gugatan dilayangkan Sokhip di PTUN.

“Jadi silakan saja lakukan upaya hukum. Itu hak dia. Kalau itu mau dilawan secara hukum, silakan ke PTUN,” imbuhnya.

Meski begitu, langkah Sokhip untuk mengajukan masalah tersebut di PTUN dapat dibenarkan. Pasalnya sebelum dinyatakan menggunakan ijazah palsu, wakil rakyat daerah pemilihan Balikpapan itu belum dinyatakan terbukti memakai ijazah palsu di pengadilan.

“Sebab secara hukum, kalau ijazah itu yang jadi alasan pokoknya, Sokhip belum diputuskan bersalah oleh pengadilan,” terangnya.

Sementara itu, rekomendasi BK terkait Penggantian Antara Waktu (PAW) oleh Partai Gerindra Kaltim, sepenuhnya menjadi hak dari partai berlambang kepala garuda tersebut.

“PAW sudah bisa dilakukan dengan dasar putusan BK tadi. Kalau enggak diganti, Partai Gerindra sendiri yang rugi. Karena ini akan berpengaruh terhadap fraksi dan alat kelengkapan dewan lainnya. Kalaupun menunggu putusan pengadilan, itu hak partai asalnya. Silakan saja,” bebernya.

Namun setelah diberhentikan dari DPRD Kaltim, tambah Herdiansyah, seluruh hak yang melekat sebagai wakil rakyat selama Sokhip bertugas di gedung Karang Paci harus dihapuskan. Meskipun proses hukum tetap berlangsung di PTUN.

“Namanya berhenti, tidak ada dasar lagi dia menerima hak. Cuma kan masih butuh waktu untuk proses administrasi pemberhentiannya,” kata dia.

Diwartakan, Selasa (31/7) lalu, melalui sidang paripurna kelima belas, BK DPRD Kaltim akhirnya merekomendasikan pemberhentian sementara pada anggota Fraksi Gerindra, Sokhip.

Bagikan berita ini!
  • 20
    Shares