oleh

WASPADA!! Demam Berdarah Ancam Tanjung Laut Paling Banyak Diserang, Sejak Januari Sudah 33 Kasus

BONTANG – Dari 25 kelurahan di Bontang, total kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) tertinggi sejak Januari hingga Juli jatuh pada Kelurahan Tanjung Laut, Bontang Selatan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) Bontang, jumlah penderita mencapai 33 orang. Dari penelusuran Bontang Post, kondisi terparah terjadi di RT 29 Tanjung Laut, terdapat satu orang positif DBD dan sembilan orang terindikasi penyakit tersebut.

Arbiansyah, Warga RT 29 Tanjung Laut mengatakan, putrinya bernama Akira dua pekan lalu harus dirawat di rumah sakit selama lima hari. Suhu badannya saat itu mencapai 39 derajat celsius dan trombositnya menurun hingga 85.000 sel/mm3.

“Di RT 29 ini lagi diserang penyakit demam berdarah. Setelah waktu itu tiga orang masuk rumah sakit bersamaan yakni anak dan kakak saya serta seorang tetangga karena DBD. Kini adik saya juga harus rawat inap,” kata Arbiansyah saat ditemui Bontang Post di kediamannya, Kamis (2/8).

Pria yang bekerja sebagai tenaga kemanan di salah satu instansi pemerintah ini mengaku khawatir dengan kejadian ini. Pasalnya tahun lalu di RT 29 satu jiwa melayang dikarenakan penyakit menular tersebut. “Tahun lalu di sini fatal, karena satu orang meninggal karena DBD,” ucapnya.

Namun diakuinya, hingga kini belum ada upaya penanganan dari pemerintah melalui pengasapan (fogging). Padahal kata dia, wilayah RT lain sudah mendapat tindakan fogging. Sebelumnya Ketua RT telah melaporkan kasus ini kepada pihak kelurahan dua pekan lalu. Sayangnya belum ada respon mengenai laporan ini.

“Sudah satu bulan belum di-fogging. Banyak tetangga dan saudara lebih memilih pindah dulu untuk sementara karena daerah ini sedang diserang nyamuk demam berdarah,” ucapnya.

Bagikan berita ini!
  • 274
    Shares
loading...