oleh

Atlet Sepak Takraw Kurang Tenaga  Pelatih Genjot Latihan Demi Menggapai Target di Popprov 

BONTANG – Pelaksanaan pekan olahraga pelajar provinsi (Popprov) Kaltim tinggal menyisakan satu bulan lagi. Cabang olahraga (cabor) sepak takraw yang ditargetkan mampu meraih dua medali emas memiliki kendala pada fisik atlet. Pelatih tim sepak takraw Sahmar mengatakan, dari beberapa kali latihan terlihat para atlet masih belum menunjukkan kekuatannya 100 persen.

“Baik smes maupun tekong masih kurang tenaga. Padahal setiap gerakan membutuhkan tenaga yang prima,” kata Sahmar kepada Bontang Post, Jumat (3/8) kemarin.

Rencananya pelatih akan menjadwalkan latihan program fisik. Tujuannya agar stamina atlet kembali meningkat di sisa waktu jelang pelaksanaan popprov. “Minggu nanti (besok, Red.) materi latihan fisik penuh, sementara sore harinya dikemas dalam pola bermain,” paparnya.

Bukan fisik saja, dikatakan Sahmar atlet saat ini juga masih kurang dalam menjaga fokus bermain. Lantaran beberapa di antaranya masih harus membagi dengan kegiatan di sekolah. Tak jarang atlet datang terlambat saat latihan.

“Makanya tadi saya tegaskan kepada anak-anak untuk fokus dalam latihan karena disiplin itu penting,” tuturnya.

Sahmar menilai perlu kerja keras untuk mempertahankan tahta juara bertahan yang dipegang saat popprov 2016 di Kutai Kartanegara. Saat itu tim Bontang berhasil menyabet dua medali emas dan satu medali perunggu.

“Perlu kerja keras karena mempertahankan lebih susah daripada merebut,” ungkapnya.

Saat ini komposisi atlet di sektor putra lebih baik dibanding dua tahun lalu. Sementara untuk putri kondisinya sebaliknya. Disebabkan saat itu ada salah satu atlet andalan yang tidak masuk dalam skuat tahun ini lantaran faktor usia.

Terkait peta kekuatan, meskipun tim Kutai Kartanegara memakai atlet dari Sekolah Khusus Olahraga Indonesia (SKOI), namun bukan menjadi ancaman serius. Pasalnya Sahmar sudah mengetahui gaya kepelatihan dari daerah tersebut. Termasuk pula dari tim Samarinda yang dua tahun silam memperoleh satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Bagikan berita ini!
  • 139
    Shares
loading...